Deklarasi Ketum PPP cawapres Jokowi tunggu fatwa kiai 34 provinsi

Deklarasi Ketum PPP cawapres Jokowi tunggu fatwa kiai 34 provinsi
Deklarasi Romi tunggu fatwa kiai. ©2018 Merdeka.com/Dian Ade Permana
POLITIK | 12 April 2018 20:20 Reporter : Dian Ade Permana

Merdeka.com - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak latah mendeklarasikan Ketua Umum-nya, Romahurmuziy sebagai calon wakil presiden. Penentuan Romi, panggilan Romahurmuziy, masih menunggu fatwa para kiai.

Ketua OC Munas Alim Ulama PPP, Ahmad Mustaqim mengatakan, deklarasi tersebut masih menunggu pemikiran dan kajian dari seluruh ulama, tokoh agama, dan majelis syariah yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

"Munas Alim Ulama 13 sampai 14 April 2018 isinya adalah merumuskan kriteria dulu, sesuai arahan kiai," jelasnya di Patra Jasa Hotel Semarang, Kamis (12/4).

Mustaqim mengungkapkan kiai dan ulama adalah pribadi indenpenden yang tidak bisa didoktrin. Jadi, Munas Alim Ulama adalah wadah mempertemukan pemikiran yang mewakili umat.

"Hasil rumusan pemikiran tersebut menjadi fatwa. Bahwa nanti pemikiran tersebut bisa diaplikasikan untuk pilkada serentak, pileg, dan pilpres, akan ada kajian lanjutan. Terutama untuk membahas kepemimpiman nasional," tegasnya.

"Hasil munas juga tidak bisa diprediksi. Tapi setidaknya, fatwa itu kita harapkan menjadi panduan untuk menjawab isu aktual yang muaranya pada April 2019," papar Mustaqim.

Dikatakan, PPP saat ini adalah partai pendukung pemerintah. Sehingga diharapkan fatwa dari para ulama dan kiai bisa memberi kontribusi positif bagi pembangunan yang menjadi program pemerintah. (mdk/ded)

Baca juga:
PPP sindir etika Cak Imin yang deklarasi cawapres Jokowi
PKS: Jika Jokowi kampanye pakai pesawat Kepresidenan, calon lain boleh juga dong
Munas Alim Ulama PPP akan bahas konfigurasi Pilpres dan cawapres Jokowi
PPP nilai tak masalah jika koalisi Jokowi di Pilpres 2019 'gemuk'
Romi akui Prabowo lawan berat, optimis Jokowi menang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami