Demokrat klaim elektabilitas Agus Yudhoyono kalahkan Jenderal Gatot

POLITIK | 9 November 2017 20:31 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Ketua Departemen Urusan DPR DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon mengklaim elektabilitas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai bakal calon Wakil Presiden (Bacawapres) tertinggi di antara lainnya. Menurutnya posisi kedua ditempati oleh Panglima Jendral Gatot Nurmantyo, ketiga Anies Baswedan dan posisi keempat ditempati oleh Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Hari ini untuk kandidat wakil presiden yang paling tinggi itu AHY, angkanya 14,3 persen. Ini Wapres," kata Jansen dalam diskusi bertajuk menakar 'Cawapres Potensial 2019' di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (9/11).

"Angka survei yang dirilis Oktober paling tinggi AHY, 14,3 persen. Nomor dua, Pak Gatot, 10,8 persen. Nomor tiga Anies Baswedan dan berikutnya ke bawah. Kalau Cak Imin 1,5 persen baru," sambungnya.

Tidak hanya itu, Jansen juga mengklaim bahwa siapapun yang akan disandingkan dengan AHY akan naik elektabilitasnya. Dia juga mengatakan bahwa sosok Presiden Jokowi perlu disandingkan juga dengan seseorang yang bisa menaikkan elektabilitasnya.

"Ada juga angka surveinya, hari ini faktor penentu 2019 itu AHY. Pasangan dengan siapapun AHY, tokoh itu elektabilitynya naik," ujarnya.

"Jadi dia butuh memang sosok wapres yang kalau mendampingi dia bisa ikut mengerek suara dia naik ke atas, begitu," ungkapnya.

Tetapi Jansen juga tidak menampik bahwa memang saat ini Jokowi juga perlu sosok Wakil Presiden yang bisa membangun relasi dengan umat muslim.

"Lemahnya Jokowi itu misalnya relasi hubungan dia dengan muslim. Mau enggak mau dia harus ambil kandidat Wapresnya yang punya relasi baik dengan teman-teman muslim," tandasnya.

(mdk/eko)