Diantar Kader NasDem, Eks Kepala BPN Surabaya Daftar Pilbub Jember Lewat PAN-Demokrat

Diantar Kader NasDem, Eks Kepala BPN Surabaya Daftar Pilbub Jember Lewat PAN-Demokrat
POLITIK | 20 Februari 2020 21:10 Reporter : Muhammad Permana

Merdeka.com - Setelah sehari sebelumnya menerima pendaftaran dari pengusaha Hendy Siswanto, posko pendaftaran bersama Partai Amanat Nasional-Partai Demokrat (PAN-PD) kembali menerima pendaftaran kandidat kedua sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) Jember untuk Pilkada 2020. Mantan Kepala Badan Pertanahan (BPN) Surabaya, Djoko Susanto menjadi pendaftar kedua yang datang pada Kamis (20/02).

Yang menarik, Djoko datang diantar belasan orang berseragam kader Partai NasDem. Tidak banyak pernyataan yang disampaikan Djoko ke posko yang terletak di sebuah kafe yang ada di kawasan pusat kota Jember itu.

"Saya punya keinginan kuat untuk kembali membawa Jember lebih maju dan bermartabat. Saya melihat semua partai secara setara," ujar Djoko saat konferensi pers usai penyerahan berkas. Tidak banyak pernyataan yang disampaikan pria asal Kediri itu dalam sesi jumpa pers.

Seperti halnya Hendy, Djoko juga gencar mendaftar di banyak partai. Hingga kini Djoko tercatat sudah mendaftar sebagai bacabup Jember di Partai NasDem, PDIP, Gerindra dan PPP. Keempat partai tersebut tergolong partai pemilik kursi besar di DPRD Jember, yakni NasDem (8 kursi); PDIP (7 kursi); Gerindra (7 kursi) serta PPP (5 kursi).

Sedangkan PAN dan Partai Demokrat masing-masing hanya memiliki 2 kursi. Adapun syarat maju di Pilkada Jember antara lain didukung koalisi partai dengan jumlah minimal 10 kursi DPRD Jember. Tidak ada satupun partai yang punya 10 kursi di DPRD Jember.

Sebelum mengakhiri karir birokrat sebagai Kepala BPN Surabaya, Djoko pernah beberapa tahun memimpin BPN Jember.

Hendy dan Djoko termasuk tokoh yang sejak lama banyak memasang baliho di berbagai penjuru kota Jember. Keduanya juga gencar sosialisasi di media sosial.

Usai menerima pendaftaran Djoko, Ketua DPD PAN Jember, Lilik Ni'amah menyambut baik niat Djoko yang menganggap semua partai setara. "Karena PAN-Demokrat sama-sama berkomitmen memperbarui Jember. Saya sepakat bahwa semua partai perlu diperlakukan equal," ujar mantan politikus dan pendiri PKS Jember itu.

Adapun Ketua DPC Partai Demokrat Jember, Teddy Zarkasi menyatakan, koalisi PAN-Demokrat sudah kokoh, bahkan sejak Pemilu 2019. Sebab kedua partai itu bergabung dalam fraksi yang sama di DPRD Jember. "Kita sudah sepakat koalisi, bahkan pendaftarannya di satu lokasi yang sama, untuk memudahkan. Ini pertama kali di Indonesia," ujar mantan Pj Bupati Jember ini.

Dengan demikian, Jumat (21/02) besok menjadi hari terakhir penerimaan pendaftaran bacabup Jember di Posko Bersama PAN-Partai Demokrat. (mdk/cob)

Baca juga:
Pengusaha Hendy Siswanto Daftar Maju Pilkada Jember Lewat PAN dan Demokrat
Usung #2020GantiBupati, PKS Lirik 3 Nama Didukung di Pilkada Jember
PAN dan Demokrat Bentuk Posko Bersama di Pilbup Jember
Petahana Maju Pilkada Jember secara Independen karena 'Dimusuhi' Partai
Gandeng Pengusaha Muda, Bupati Jember Maju Pilkada Lewat Jalur Independen
Daftar Gerindra, Eks Kepala BPN Tantang Bupati Jember di Pilkada 2020

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami