Diskusi Megawati dan Jokowi Menentukan Nasib Gibran di Pilkada Solo

POLITIK | 12 Desember 2019 13:05 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka mendaftar sebagai bakal calon wali kota Solo, hari ini (12/12). PDI Perjuangan tidak memberikan keistimewaan kepada pengusaha martabak itu.

Ketua DPD Jawa Tengah PDI Perjuangan Bambang Wuryanto mengatakan kemungkinan akan ada dialog antara Presiden Joko Widodo dan Ketum Megawati Soekarnoputri soal pencalonan Gibran di Pilkada Solo. Apalagi banyak tudingan majunya Gibran ini memunculkan politik dinasti.

"Tentu dalam konteks ini saya tidak berani memastikan. Tetapi kira-kira pasti nanti ada putusan antara ibu dengan Pak Presiden. Saya enggak tahu loh ya, tapi orang-orang berkira-kira," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/12).

Dia menyebut, selama proses penjaringan bakal calon kepala daerah semua kader diberi perlakuan sama. Gibran, kata dia, tidak akan diberikan karpet merah.

"Kalau dalam proses penjaringannya di partai ini equal treatment. Semua diperlakukan sama. Mohon izin tentu Mas Gibran tidak diberikan karpet merah," ujar Bambang

Dia menuturkan, hari ini akan banyak yang mendaftar bakal calon kepala daerah dari DPD. Sebab hari ini merupakan kamis legi alias hari baik untuk orang Jawa.

1 dari 2 halaman

Keputusan di Tangan Megawati

Bambang mengatakan, soal keputusan siapa yang akan diusung ada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Mega akan memberikan keputusan langsung karena berkaitan dengan isu nasional. Sebab, yang mencalonkan adalah putra presiden.

"Jadi enggak ada masalah. Bahwa kewenangan memberikan rekomendasi bagi paslon itu ada di tangan dewan partai yang dipimpin ibu ketua umum. Hal-hal yang sangat khusus pasti ketua umum ambil keputusan," tandas Bambang.

2 dari 2 halaman

Gibran akan Buat Solo Melompat Maju

Gibran Rakabuming Raka berangkat ke Semarang untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali kota Solo di Pilkada 2020. Bersama seribuan pendukungnya, putra sulung Presiden Joko Widodo itu akan menuju Kantor DPD PDIP Jawa Tengah pukul 09.00 WIB.

Didampingi Ibu Negara Iriana dan istri tercinta Selvi Ananda, Gibran sempat menyapa dan menyalami para pendukungnya di halaman gedung Graha Saba miliknya. Dia juga berjanji kepada pendukungnya, untuk membawa Kota Solo lebih maju jika diberi kesempatan sebagai Wali Kota.

"Pagi ini kita berkumpul di sini bukan sekedar untuk mengantar Gibran ke Semarang. Tapi kita berkumpul di sini karena disatukan oleh cita-cita yang sama. Apa yang menyatukan kita? Agar Solo melompat lebih maju," ucap Gibran lantang. (mdk/ray)

Baca juga:
DPD PDIP Jateng Ungkap Modal Politik Gibran Maju Pilkada Solo
Iriana Lepas Keberangkatan Gibran Daftar Cawalkot Solo ke DPD PDIP
Bersiap Daftar Pilwalkot, Gibran Ingin Bawa Solo Melompat Lebih Maju
Sebelum Mendaftar Cawalkot Solo, Gibran Minta Doa Restu Sudjiatmi
Ingin Dipasangkan dengan Gibran, Ketua PPP Solo Daftar ke PDIP Jateng

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.