Disurvei Tak Lolos Parlemen, NasDem Justru Pede Masuk Barisan Parpol Tiga Besar

POLITIK | 21 Maret 2019 15:36 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate percaya diri, partainya bisa menduduki posisi tiga besar di Pemilu 2019. Penegasan ini menyikapi survei Litbang Kompas yang menyatakan NasDem sebagai salah satu partai yang terancam tidak lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold.

Plate mengklaim partainya sudah semakin kuat. Sehingga peluang untuk masuk parlemen juga dipercaya terbuka lebar.

"Sekarang kalau diatas 1,5 persen dengan basis infrastruktur partai yang lebih kuat dengan basis politisi yang sudah lebih kuat per dapil di 80 dapil kami meyakini kami kan sedang bekerja menuju tiga besar," kata Plate di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3).

Dia justru mempertanyakan sebaran yang digunakan dalam survei Litbang Kompas. Sebab, kata dia, jika sebaran respondennya bersifat nasional dan merata hasilnya tidak seperti itu.

"Kalau basis kekuatan NasDem secara rata secara nasional ya pasti tinggi tapi kalau sebaran kekuatan NasDem ada di luar Jawa sedangkan distribusi respondennya banyak di Jawa ya pasti hasilnya beda," ungkapnya.

Dia melanjutkan, NasDem sudah berpengalaman di Pemilu 2014. Karena itu dia tetap optimis NasDem bisa masuk kembali di parlemen.

"Kami mempunyai pengalaman empiris nasdem punya pengalaman antara branding partai dan kekuatan basis elektoral polisi atau caleg-calegnya 2014 NasDem itu disurvei disampaikan bahwa elektabilitas NasDem 1,5 persen hasilnya 6,7 persen. Jumlah suaranya sangat besar 8,4 juta itu saya kira urutan ke 7-8 bukan ke 9-10 bukan itu 2014," ucapnya. (mdk/noe)

Baca juga:
Pelatihan Jadi Kunci UMKM Bisa Tembus Pasar Internasional
4 Partai Diprediksi Peroleh Suara Besar pada Pemilu 2019
Tak Ada STTP, Caleg NasDem Adly Fairuz Dilarang Bawaslu Kampanye di Kendal
Anak-anak Ideologis
Unjuk Gigi Menantu Jokowi
NasDem Dorong Pemerintah Tingkatkan Daya Jual UMKM Ekspor

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.