Ditanya Soal HGU Mukomuko, Helmi Hasan Tekankan Peran Pemerintah Selesaikan Konflik

Ditanya Soal HGU Mukomuko, Helmi Hasan Tekankan Peran Pemerintah Selesaikan Konflik
POLITIK | 23 November 2020 23:34 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Mendapat pertanyaan cara penyelesaian konflik Hak Guna Usaha (HGU) terlantar di Kabupaten Mukomuko, Calon Gubernur Helmi-Muslihan menekankan pemerintah harus arif dan bijaksana. Hal itu disampaikan Helmi saat menerima pertanyaan pada debat putaran kedua, Senin (23/11).

Helmi mengatakan, peran penting dalam penyelesaian konflik HGU ada di tangan pemerintah selaku pemangku kebijakan. Jangan sampai masyarakat yang menjadi korban.

"Pemerintah harus tegas menanggapi permasalahan ini. Jangan sampai masyarakat yang jadi korban. Kejam sekali jika itu terjadi," ujar Helmi pada acara debat terbuka Cagub dan Cawagub Bengkulu di Hotel Mercure, Kota Bengkulu.

Helmi menambahkan, menyelesaikan duduk permasalahan HGU juga harus melibatkan pihak-pihak terkait seperti dinas, akademisi dan praktisi demi menimbang keputusan terbaik untuk masyarakat.

"Paling utama adalah pelibatan masyarakat di dalamnya, karena hal itu berhubungan langsung dengan mereka. Ajak duduk bersama demi memberikan kebijakan terbaik untuk masyarakat," ungkapnya.

Terkait penyelesaian konflik agraria jangan panjang, Helmi akan memberikan 100.000 hektare lahan produktif kepada masyarakat dengan 20 kunci kebahagiaan ala Helmi-Muslihan.

"Insya Allah 20 kunci kebahagiaan menjadi jawaban atas permasalahan masyarakat Provinsi Bengkulu saat ini. Termasuk konflik agraria (HGU) di Kabupaten Mukomuko," tutup Helmi.

Kontributor: Roymond (mdk/hhw)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami