Ditanya survei SMRC, Ahok bilang kalah ganteng dari Anies dan Agus

Ditanya survei SMRC, Ahok bilang kalah ganteng dari Anies dan Agus
Ahok. ©2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman
POLITIK | 21 Oktober 2016 15:25 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ternyata tidak sepakat dengan hasil survei terbaru dari Saiful Mujani Research Center. Padahal dalam dalam riset tersebut dirinya unggul dibandingkan dengan dua pasangan calon lainnya.

Survei SMRC memaparkan, pasangan petahana Ahok-Djarot masih berada di posisi paling pertama di antara pasangan calon lainnya. Survei yang dilakukan pada 1-9 Oktober 2016 terhadap 648 responden warga DKI menunjukkan, elektabilitas Ahok-Djarot mencapai 45,4 persen. Sedangkan, elektabilitas pasangan calon lain, Agus-Sylviana 22,4 persen. Kemudian, Anies Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno memiliki elektabilitas 20,7 persen.

"Enggak, enggak unggul. Kalah ganteng sama Si Anies, Si Agus. Kata surveinya begitu kan, ha-ha," ucap Ahok seraya tertawa di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (21/10)

Mantan Bupati Belitung Timur ini tak ingin euforia dengan hasil survei tersebut. Sebab pasangan calon akan resmi menjadi gubernur dan wakil gubernur, kalau dapat meraup suara warga di atas 50 persen plus 1 pemilih.

"Kita kan butuh 50 persen, beda. Enggak tahu lah, nanti kita lihat saja tanggal 15 Februari 2017," tutup Ahok.

Sebelumnya, Direktur SMRC Sirajuddin Abas mengatakan, selama melakukan survei, beberapa responden mengatakan mengenal Agus Yudhoyono karena rupawan.

"Kalau masalah ganteng, sudah lah, Agus menang telak di antara ketiganya. Mereka yang kenal Agus, bilang 'Agus yang ganteng itu atau anaknya SBY'," ucap Sirajuddin.

Tapi, faktor ketampanan tak berpengaruh dengan naiknya pemilih warga Jakarta. Hanya berkisar 1,9 persen yang memilih pemimpin karena ganteng.

Alasan terbanyak memilih pemimpin di Jakarta, menurut SMRC, adalah sudah ada bukti dan kerja nyata, serta orang yang tegas dan berwibawa. (mdk/lia)

Soal potensi darurat sipil, anak Amien Rais sentil Hendropriyono

Djarot: Pak Anies dan Pak Sandiaga sudah kesalip sama Pak Agus

Agus Harimurti: Kumuh dan miskin adalah kekuatan

Cerita Sekjen PPP iri dengan Ruhut Sitompul saat Kunker ke Lapas

Jika terpilih, AHY diminta tak gusur warga pinggiran tol Pluit

Prabowo ungkap alasan pilih 'musuh' di Pilpres jadi Cagub DKI

Tak percaya SMRC, Gerindra sebut elektabilitas Anies-Sandi naik

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami