Ditemani Istri, AHY Daftar jadi Ketum Demokrat

Ditemani Istri, AHY Daftar jadi Ketum Demokrat
POLITIK | 15 Maret 2020 12:30 Reporter : Tri Yuniwati Lestari

Merdeka.com - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendaftarkan diri sebagai Calon Ketua Umum Partai Demokrat. Terlihat sang istri Anissa Pohan ikut mendampingi AHY saat mendaftar.

Sesampainya di tempat Kongres Partai Demokrat yang berlokasi di JCC, Senayan, Jakarta Pusat. AHY langsung menuju area pendaftaran dengan diiringi yel dukungan AHY menjadi ketua umum oleh kader.

"Dengan ini saya menyampaikan pendaftaran saya sebagai calon Ketum Demokrat 2020. Semoga dapat diterima dan dapat verifikasi dengan baik oleh panitia," ucap AHY selepas mendaftar, di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (15/3).

Kongres Partai Demokrat diselenggarakan satu hari. Dijadwalkan sejak pagi hingga malam hari. Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan memastikan akan terjadi pergantian ketua umum dalam forum tertinggi lima tahunan partai tersebut.

Menurut Hinca, Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak akan melanjutkan jabatannya menjadi orang nomor satu di partai mercy itu. Dia menyebut SBY akan memberikan kesempatan kepada pemimpin anyar.

"Beliau sampaikan, bahwa jika sebagai presiden dua periode sepuluh tahun soft landing, menyentuh garis finish sampai ujung, dia juga akan melakukan soft landing di dalam Kongres V," kata Hinca dalam konferensi pers di DPP Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat(13/3).

Sebelumnya, Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengatakan, ada tiga nama yang berpeluang melanjutkan kepemimpinan SBY. Pertama, putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Kedua, putra kedua SBY Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas). Ketiga, ipar SBY atau adik dari Ani Yudhoyono, Pramono Edhie Wibowo. Pramono Edhie memang sempat ramai disebut ingin maju di kongres.

"Nah siapa yang mau ditunjuk Pak SBY menggantikan dia, ya terserah Pak SBY," kata Hendri kepada merdeka.com, Sabtu (14/3).

Ibas dan AHY memang setahun belakangan ini rajin turun ke daerah. Bertemu dengan para pengurus DPC dan DPD, sang pemilik suara di kongres. Ibas disebut juga berminat maju jadi ketum Demokrat.

Tapi AHY, juga tak mau kalah. Sejumlah DPD Demokrat Provinsi misalnya, Sumut, DKI Jakarta, NTT telah resmi mendukungnya. Meskipun, AHY sampai kini belum menyatakan bakal mencalonkan jadi ketum.

Sementara Pendiri Demokrat, Achmad Mubarok, memunculkan nama mantan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo. Sayang, upaya ini sudah dijegal di awal. Sebab, Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan menegaskan, Gatot tak bisa maju karena bukan kader Demokrat.

Kata Hendri, memang AHY disebut-sebut berpeluang besar menggantikan SBY sebagai ketua umum Demokrat. Namun, yang paling layak melanjutkan takhta SBY, menurut Hendri, sebetulnya Ibas. (mdk/ded)

Baca juga:
SBY Menilai Penanganan Virus Corona Kurang Maksimal
Pidato Terakhir SBY di Kongres V Partai Demokrat
Demokrat Pilih Ketum Malam Ini, Ibas atau AHY Paling Layak?
PKS Rayu Demokrat Berkoalisi di Pilwalkot Tangsel
PKS Ungkap Isi Pertemuan SBY dan Sohibul Iman

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Alur BLT Dana Desa Hingga ke Tangan Warga - MERDEKA BICARA with Mendes Abdul Halim Iskandar

5