Diumumkan Besok, Pimpinan Parpol Rahasiakan Nama Calon Menteri Jokowi

POLITIK | 20 Oktober 2019 21:33 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah mengutarakan niatnya memperkenalkan wajah-wajah para menteri yang akan bergabung di kabinetnya. Jokowi akan memperkenalkan menterinya besok hari.

Namun, para ketua umum partai politik pendukung Jokowi masih tetap bungkam saat disinggung jatah dan pengumuman menteri. Seperti disampaikan Plt. Ketum PPP Suharso Monoarfa.

"Saya, enggak ada jawaban. Saya belum bisa terima (pertanyaan) anda-anda semua," kata Suharso di gedung DPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Hal senada juga disampaikan oleh Airlangga Hartarto. Airlangga hanya menunggu Jokowi. "Jawabannya menunggu. Kita tunggu saja. Tunggu pengumuman beliau (Presiden Jokowi) saja," jelas Airlangga.

Saat ditanya kembali soal pengumuman besok, dia kembali irit bicara. "Mantap. Ya teman-teman lebih tahu, saya saja belum tahu. Semua tergantung beliau, tunggu saja besok," kata Airlangga.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mengatakan, urusan nama-nama yang bakal ditunjuk jadi menteri sudah diserahkan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri ke Presiden Jokowi. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto enggan membeberkan nama-nama yang sudah diserahkan. Semuanya diserahkan ke Jokowi.

"Tunggu saja, tunggu pengumuman dari Presiden ya. Nama-nama sudah diserahkan sama Ibu Megawati Soekarnoputri, sudah dibahas secara mendalam, dalam pertemuan sebanyak dua kali. Jadi kita tunggu apa yang akan disampaikan Bapak Presiden," kata Hasto di gedung DPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Soal nomenklatur kementerian yang disebut-sebut akan mengalami perubahan, Hasto tak mengamini ataupun menyalahkannya.

"Dari informasi yang kami tangkap, tidak banyak mengalami perubahan. Dan menyangkut hal yang pokok, sesuai dengan perintah konstitusi dan Undang-undang Kementerian Negara," kilah Hasto.

Bukan hanya parpol pendukung Jokowi, partai lain yang santer disebut-sebut bakal masuk kabinet yakni Demokrat juga memilih irit bicara.

"Kita tunggu saja apa hasil pengumuman Pak Jokowi. Itu kan hak prerogatif Pak Presiden," jelas Wakil Ketua Umum Demokrat Syarief Hasan.

Saat ditanya kemungkinan Demokrat kebagian jatah menteri, dia tak bisa memastikannya. "Ya tanya Pak Jokowi dong. Saya enggak tahu," kelakarnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Edhy Prabowo Siap Jika Ditunjuk Jadi Anak Buah Jokowi
Besok Diumumkan Jokowi, Airlangga Rahasiakan Kader Golkar Bakal Jadi Menteri
Adian Napitupulu Tegaskan Tolak Jadi Menteri Jokowi: Gue Tidak Punya Talenta di Situ
Erick Thohir soal 'Berkeringat' Sentil Calon Menteri dari Luar Koalisi?
Sekjen Demokrat: Kalau Presiden Jokowi Butuh Menteri Anak Muda, Ya Mas AHY
Terbentur Kebijakan PAN, Bima Arya Tak Terpikir Untuk Jadi Menteri Jokowi

(mdk/noe)