DPD Nyatakan Pemilu Berlangsung Aman dan Tertib

POLITIK | 7 Mei 2019 20:57 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Komite I DPD RI menggelar rapat bersama pimpinan lembaga negara seperti BIN, TNI, Polri, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kejaksaan Agung, dan Kementerian Hukum dan HAM membahas pelaksanaan Pemilu 2019. Berdasarkan hasil rapat tersebut, DPD menyimpulkan Pemilu 2019 berlangsung aman dan tertib.

"Saya atas nama DPD RI mengatakan bahwa Pemilu 2019 berjalan tertib, aman, lancar dan damai," kata Ketua DPD RI, Oesman Sapta Oddang di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (7/5).

OSO mengimbau kepada seluruh pihak khususnya peserta Pemilu 2019 agar jangan melakukan berbagai kebohongan dan mengintervensi untuk mempengaruhi hasil Pemilu. Dia pun menegaskan pemerintah tak pernah mengintervensi pelaksanaan Pemilu yang menjadi kewenangan KPU.

"Jangan ada orang-orang yang mencoba untuk melakukan kebohongan-kebohongan lantas melakukan intervensi-intervensi," ujarnya.

"Pemerintah tidak pernah sesenti pun melakukan intervensi dalam Pemilu ini. Begitu juga pada keamanan," lanjutnya.

DPD juga mengusulkan agar sistem Pemilu ke depan perlu dikaji ulang. Pemilu tahun ini banyak mendapat sorotan karena banyaknya petugas yang meninggal dunia akibat kelelahan.

"Tugas-tugas dari pelaksana Pemilu yang akan datang harus betul-betul memberikan kenyamanan bagi semua pemilih," pungkasnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Rajut Kembali Persaudaraan Setelah Pemilu 2019
Real Count KPU Sudah 70 Persen, Selisih Suara Jokowi dan Prabowo Mengejutkan
Rekapitulasi Hasil Penghitungan Pemilu Suara Luar Negeri, 54 TPS Sah Diketuk
Kronologi Ketua Panwascam Karangasem yang Tiba-Tiba Hilang Ingatan Saat Rekapitulasi
Panas Dingin Demokrat dalam Koalisi Prabowo-Sandi
Rapat Pleno KPU Empat Lawang Ricuh Gara-Gara DA 1 Hologram Berbeda

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.