Dua Kali Prabowo Singgung Jokowi Soal Kartu-kartu Saat Debat Bahas Pemerintah

POLITIK | 30 Maret 2019 21:20 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Sesi tanya jawab segmen kedua debat keempat Pilpres 2019 mulai memanas. Capres 02 Prabowo Subianto sampai dua kali menyindir Jokowi soal kartu-kartu yang dibuat rivalnya itu.

Debat keempat pilpres 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3) malam. Tema debat kali ini adalah ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, dan hubungan internasional.

Awalnya Jokowi mendapat pertanyaan terkait penerapan teknologi di pemerintahan. Jokowi memaparkan berbagai langkah yang telah dilakukan seperti membubarkan 23 lembaga negara yang tidak berguna. Jokowi juga menyebut pemerintahan 'Dilan' atau Digital Melayani yang akan dia kerjakan ke depan.

Saat sesi memberikan tanggapan, Prabowo kemudian menyindir soal kartu Jokowi. Prabowo menyatakan, penggunaan teknologi informatika dalam pemerintahan merupakan hal yang vital. Namun dia menginginkan model single identity card untuk rakyat Indonesia yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

"Single identity card, tidak banyak kartu, satu kartu cukup untuk fungsi besar. Tujuan untuk kesejahteraan. Teknologi kalau bukan untuk kesejahteraan buat apa. Mahal dan boros," ucap Prabowo.

Ketika kesempatan menanggapi, Jokowi tidak menjawab sindiran Prabowo itu. Jokowi malah memaparkan soal pentingnya teknologi untuk mempercepat pengambilan keputusan.

Di bagian akhir, saat Prabowo menyampaikan tanggapan, dia kembali menyinggung soal kartu Jokowi.

"Dengan sistem hebat, kalau tidak ada political will, indah-indah saja. Kita boleh punya sistem hebat, kartu banyak, indah seolah modern, seolah cepat, untuk apa kalau kekayaan kita mengalir ke luar negeri. Saya lebih baik pakai teknologi lama tapi kekayaan tinggal di Indonesia," ucap Prabowo.

Baca juga:
Keakraban Jokowi dan Prabowo di Panggung Debat Capres
Prabowo Nilai Pancasila Diedukasi Sejak SD, Jokowi Mulai dari PAUD
Sandiaga Nobar Debat Capres, Sempat Terhenti Hormati Earth Hour
Debat Pilpres, Prabowo Singgung Korupsi Stadium 4 dan Anggaran Pertahanan yang Kecil
Jokowi Ingin Buat Pemerintahan 'Dilan' hingga Pengembangan Kualitas TNI

(mdk/bal)