Fraksi Hanura yakin PT 3 persen disepakati

Fraksi Hanura yakin PT 3 persen disepakati
Anggota Fraksi Partai Hanura Akbar Faizal. dok/merdeka.com
NEWS | 8 Maret 2012 17:32 Reporter : Nurul Julaikah

Merdeka.com - Tarik menarik besaran ambang batas parlemen atau parliamentary treshold (PT) di antara fraksi-fraksi di DPR dalam pembahasan RUU Pemilu masih menjadi ganjalan hingga kini. Anggota Fraksi Partai Hanura Akbar Faizal mengungkapkan ada enam dari sembilan fraksi di DPR yang menyepakati PT 3 persen.

"Enam fraksi sepakat 3 persen dan kami yakin itu yang akan diambil," ujar Akbar di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (8/3).

Akbar mengungkapkan, tiga pekan lalu, enam fraksi termasuk Fraksi Hanura sudah menggelar pertemuan di Hotel Sultan, Jakarta, untuk menyepakati besaran PT di angka 3 persen. Namun, Akbar enggan mengungkapkan fraksi-fraksi apa saja yang hadir.

Akbar juga berkeyakinan jika kesepakatan dari enam fraksi itu akan disetujui dalam pembahasan di Pansus RUU Pemilu. Apabila sampai batas waktu, akhir Maret ini RUU belum terselesaikan, maka akan kembali pada UU pemilu yang lama.

Menurut dia, selain besaran PT, pasal yang belum disepakati dalam RUU Pemilu adalah sistem pemilu terbuka atau tertutup. "Kita juga mempertimbangkan keinginan PDIP yang menginginkan tertutup," pungkasnya.

(mdk/bal)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami