Fraksi PPP Khawatir New Normal Picu Pengurangan Tenaga Kerja Hingga PHK

Fraksi PPP Khawatir New Normal Picu Pengurangan Tenaga Kerja Hingga PHK
POLITIK » BANYUWANGI | 2 Juni 2020 10:15 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Sekretaris Fraksi PPP DPR Achmad Baidowi alias Awiek khawatir new normal akan memicu pengurangan tenaga kerja hingga pemutusan hubungan kerja (PHK). Pihaknya meminta pemerintah menjamin kekhawatiran tersebut tidak terjadi kepada para tenaga kerja.

"New normal ada pembatasan orang dalam beraktivitas sebagai konsekuensi jaga jarak, maka dikhawatirkan akan terjadi pengurangan tenaga pekerja yang berimbas pada PHK. Karena itu negara harus hadir melindungi pekerja dan jangan sampai PHK meluas," kata Awiek di Jakarta, Selasa (2/6).

Awiek menyebut, PPP menawarkan solusi untuk mencegah masifnya PHK adalah menerapkan sistem shift-shift atau pengaturan jam kerja bergilir.

"Pembatasan orang dalam bekerja sebagai konsekuensi jaga jarak, maka perlu alternatif lain seperti membuat jam operasional diperpanjang dan pekerja bergiliran sehingga PHK bisa diminimalisasi," terangnya.

Selain itu, PPP juga mengimbau pemerintah untuk melakukan simulasi sebelum new normal diterapkan. "Agar pemerintah melakukan simulasi dan sosialisasi yang massif kepada masyarakat terkait new normal agar terbiasa. Selain itu, pemenuhan infrastruktur, fasilitas kesehatan serta kecukupan tenaga medis harus mendapat perhatian khusus," ucapnya.

Awiek menyebut kondisi setiap daerah tidak sama. Oleh karena itu, pemerintah pusat harus benar-benar memperhatikan aspek tenaga kerja termasuk di daerah terpencil. "Mengingat kondisi setiap daerah tidak sama," tandasnya.

Reporter: Delvira Hutabarat (mdk/ray)

Baca juga:
Jokowi Cek Perkembangan Renovasi dan Persiapan New Normal di Masjid Istiqlal
Segera Dibuka Lagi, Ini Aturan untuk Masjid dan Musala dari Ketum DMI
Jelang New Normal, PPP Minta Pemerintah Buat Aturan Tegas kepada Pengusaha
PR Pemerintah Atur Transportasi saat New Normal: Jamin Jaga Jarak di Jam Sibuk
VIDEO: Pariwisata Banyuwangi Bersiap Menyambut New Normal

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5