Ganjar mencoblos didampingi istri, Sudirman pantau TPS

POLITIK | 27 Juni 2018 11:35 Reporter : Dian Ade Permana

Merdeka.com - Calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 2 Kelurahan/Kecamatan Gajahmungkur Semarang. Ganjar mencoblos bersama istrinya, Siti Atiqoh sekira pukul 08.00 WIB.

Sebagai calon gubernur, Ganjar mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat, pemilih dan petugas. "Saya juga sekaligus menyampaikan mohon maaf kalau selama kampanye kemarin ada yabg terluka, ada yang sakit ada yang tidak berkenan di hati, khususnya pada pak Dirman dan Mbak Ida. Tapi kita tetap bersahabat tetap baik-baik," kata Ganjar usai nyoblos.

Sebagai petahana, dia tengah merasa bangga karena Jawa Tengah kemarin dinyatakan sebagai provinsi yang sangat aman. Sehingga pendidikan politik yang terjadi di Jawa Tengah cukup bermartabat.

"Ini dukungan kawan-kawan pers juga, pemberitaannya baik. Bahwa ada satu-dua yang harus diluruskan tapi hari ini kita senang, proses demokrasinya bagus kelihatan betul kualitas demokrasi dan ini bisa memberi pendidikan politik buat kita semua," katanya.

Di TPS tempat Ganjar terdapat 282 DPT. Namun 20 di antaranya dicoret karena 14 pindah domisili, 3 meninggal dunia dan sisanya tidak bisa ditemui.

Ganjar mengaku terdapat perbedaan mencolok dalam keberlangsungan pesta demokrasi di Jawa Tengah pada tahun 2013 dan saat ini. "Hari ini kampanye agak berbeda karena medsos mendominasi, kata baik dan tidak baik bersaing di sana," katanya.

Terpisah, pesaing Ganjar, Sudirman Said mengajak seluruh warga Jawa Tengah menggunakan hak pilihnya. "Memilih pemimpin adalah kewajiban yang harus dilaksanakan. Hak dan kewajiban harus berjalan imbang jika ingin memiliki pemimpin yang sesuai hati nurani maka sudah menjadi suatu keharusan untuk turut andil dalam pilkada," jelasnya.

Menurut Pak Dirman, memilih pemimpin harus dengan nurani yang bersih, tanpa ada paksaan. Dia dalam kesempatan tersebut memantau sejumlah TPS di Slatri, Brebes. (mdk/gil)

Baca juga:
Sudah 10 tahun ber-KTP Jakarta, Tjahjo & keluarga masih masuk DPT di Jateng
Tak punya hak pilih, Sudirman-Ida pantau Pilgub Jateng di Markas Gerindra
Anies doakan Sudirman Said menang Pilgub Jateng supaya bisa pakai seragam gubernur
9 Lembaga survei gelar quick count Pilgub Jateng
Mendagri akan pantau langsung pelaksanaan Pilkada di Jateng
Pilgub Jateng, 192 warga binaan bakal nyoblos di Rutan Solo
Demokrat yakin sapu bersih Pilgub di Pulau Jawa

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.