Gara-gara Virus Corona, AHY Tunda Bahas Penyusunan Struktur Pengurus Demokrat

Gara-gara Virus Corona, AHY Tunda Bahas Penyusunan Struktur Pengurus Demokrat
POLITIK | 24 Maret 2020 14:12 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono diberikan waktu 30 hari sebagai formatur untuk menyusun struktur pengurus baru Partai Demokrat.

Namun, pembentukan struktur itu tengah ditunda karena situasi krisis corona. AHY sedianya menggelar rapat formatur. Tetapi belum dilakukan hingga saat ini.

"Setahu saya dikarenakan situasi saat ini, sepertinya belum dilakukan rapat formatur," ujar politikus Demokrat Renanda Bachtar melalui pesan singkat, Selasa (24/3).

Renanda mengatakan Ketua Umum Demokrat AHY belum menentukan kepengurusan baru karena tengah fokus pandemi corona.

"Sehingga otomatis belum ada penentuan kepengurusan di bawah Ketum PD yang baru," kata dia.

1 dari 1 halaman

Rapat Formatur itu dimaksudkan untuk membahas struktur pengurus baru Demokrat. AHY dan ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua Majelis Tinggi Demokrat tengah menyusun dan menerima masukan daerah untuk menempatkan orang-orang sebagai pengurus Demokrat.

Renanda juga mengatakan, ada instruksi khusus AHY kepada kader Demokrat di tengah pandemi corona ini. Instruksi ini diberikan kepada Ketua Fraksi Demokrat DPR, hingga ketua-ketua DPD dan DPC Demokrat.

AHY memerintahkan para kader untuk menjaga kesehatan dan rajin mencuci tangan hingga mengerjakan tindakan sanitasi lain yang diperlukan. Dia mendorong semua kader Demokrat dan keluarga untuk disiplin menjalankan karantina mandiri sesuai anjuran pemerintah. Kader yang merasa ada gejala juga diminta untuk segera memeriksa ke dokter.

AHY juga memerintahkan untuk meniadakan dan mengurangi kegiatan partai yang mengharuskan kehadiran fisik. Dia mengatakan, koordinasi dan kerja politik dapat dilakukan secara virtual.

"Koordinasi dan komunikasi, serta kerja-kerja politik agar dilakukan melalui teleconference atau aplikasi lain berbasis internet yang mendukung," ucapnya.

Para anggota legislatif dan kepala daerah Demokrat diminta untuk menghimpun dan mendistribusikan bantuan kepada tenaga medis maupun masyarakat. Khusus kader di DPR, Fraksi Demokrat diminta membantu pemerintah dengan realokasi anggaran, merumuskan kebijakan, dan melakukan kerjasama demi penanganan corona. (mdk/ray)

Baca juga:
Demokrat Tolak Rapid Test Virus Corona untuk Anggota DPR
SBY: Kota Tak Perlu Lockdown Jika Rakyat Karantina Diri Sendiri
Demokrat Sumbang Seribu Masker untuk Tenaga Medis Lawan Corona
AHY Sarankan Wilayah Penyebaran Virus Corona Terberat Di-lockdown
AHY jadi Ketua Umum, Wapres Maruf Apresiasi Partai Demokrat Lakukan Regenerasi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami