Gelar Konvensi Capres 2024, Partai NasDem Cari Putra Putri Terbaik Bangsa

POLITIK | 12 November 2019 12:12 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Partai NasDem akan menggelar konvensi calon presiden Pemilu 2024 mendatang. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan hal itu diputuskan setelah pihaknya berkontemplasi diri.

Konvensi capres disampaikan Paloh dalam Kongres II Partai di Jiexpo Kemayoran, Jakarta.

Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai NasDem bidang Media dan Komunikasi Publik Charles Meikyansyah mengatakan NasDem sebagai agregasi kepentingan publik harus menjadi menghasilkan kader-kader terbaik untuk menjadi penerus estafet kepemimpinan bangsa.

"Maka sejatinya partai harus membuka diri untuk seluruh lapisan masyarakat yang menghibahkan hidupnya untuk memimpin Indonesia," kata Charles dalam keterangannya, Selasa (12/11).

Konvensi calon presiden 2024, lanjutnya, menjadi manifestasi politik restorasi kedepan. Konvensi secara filosofis memberikan kemungkinan bagi seluruh anak bangsa dalam menentukan jalannya republik.

Pada Pemilu 2014, NasDem lolos parliementary threshold dengan perolehan suara 8.402.812 suara (6,72 persen). Kemudian, di Pemilu 2019 NasDem mendapatkan 12.661.792 suara atau 9,05 persen. Terjadi peningkatan 4.258.980 suara atau 2,33 persen.

"Torehan yang memukau ditengah hampir sebagian besar partai politik mengalami stagnasi dan penurunan perolehan suara," katanya.

Sebelumnya, Paloh mengatakan konvensi Capres dilakukan untuk menjaring tokoh-tokoh terbaik untuk menjadi kepala negara. Rencananya konvensi Capres akan dilakukan 2 tahun sebelum Pilpres.

"Tidak ada salahnya kita akan lakukan 2 tahun sebelum pilpres kita akan lakukan untuk memilih yang terbaik melalui konvensi Calon Presiden," ujarnya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Makna di Balik Dua Pelukan Surya Paloh dengan Jokowi dan Sohibul Iman
HUT NasDem Ingin Tegaskan Persatuan dalam Keberagaman Indonesia
Jokowi Sebut Sindiran ke Surya Paloh Peluk Sohibul Hanya Candaan
Manuver Surya Paloh Bertemu PKS Dinilai Tak Membantu Pemerintahan Jokowi
Pelukan Jokowi dan Surya Paloh Warnai HUT ke-8 Partai NasDem

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.