Gerindra Bakal Usung Wagub Nasrul Abit di Pilgub Sumbar

Gerindra Bakal Usung Wagub Nasrul Abit di Pilgub Sumbar
POLITIK | 6 Februari 2020 17:46 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Gerindra bakal mengusung Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit di Pilgub Sumbar. Nasrul Abit merupakan mantan Ketua DPD Gerindra Sumbar. Hal itu juga menepis kabar jika Gerindra telah merestui Andre Rosiade untuk maju.

"Kita di sana ada calon lain yang mau kita majukan. Yang mau kita majukan Insyaallah mantan ketua DPD. Wakil gubernur sekarang, Nasrul Abit," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Achmad Muzani di DPP Gerindra, Jalan Harsono RM 54, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (6/2).

Nasrul merupakan Wakil Gubernur Sumatera Barat periode 2016-2021 yang dilantik pada 12 Februari 2016. Sebelumnya, ia menjabat Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat periode 2005-2015 dan Wakil Bupati Pesisir Selatan 2000-2005. Pada Pilgub Sumbar 2015, ia terpilih menjadi Wakil Gubernur Sumatera Barat berpasangan dengan Gubernur Irwan Prayitno.

Saat pencalonannya sebagai wakil gubernur pada 2015, ia awalnya ditolak oleh pengurus Partai Gerindra di tingkat kabupaten/kota se-Sumbar. Dalam proses penjaringan nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur oleh panitia seleksi, nama Nasrul Abit tidak pernah diusulkan oleh pengurus di daerah, tetapi direkomendasikan Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Pada 8 September 2015, Ketua Panitia Seleksi Gerindra Zulkifli Jailani melayangkan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Padang. Kasus ini selesai setelah Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Desrio Putra meminta Zulkifli menyelesaikan persoalan tersebut dengan baik atau terancam dipecat. (mdk/eko)

Baca juga:
Gerindra Buka Peluang Dukung Gibran Rakabuming di Pilwalkot Solo
Sesuai Arahan SBY, Partai Demokrat Dukung Gibran di Pilkada Solo
Gibran Dinilai Bakal Dapat Rekomendasi PDIP Usai Jokowi Bertemu FX Hadi
Bupati Sarolangun Dianggap Kerap Bantu Pemuda Jambi
PAN dan Demokrat Bentuk Posko Bersama di Pilbup Jember
Tak Dipanggil ke DPP PDIP, Ini Kata Purnomo dan Gibran
Pengurus DPC Solo Rapat dengan DPP PDIP, Soal Pilkada Tunggu Rekomendasi Megawati

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami