Gerindra sebut koalisi dengan PAN & PKS di Pilkada 2018 demi Pemilu 2019

Gerindra sebut koalisi dengan PAN & PKS di Pilkada 2018 demi Pemilu 2019
Ahmad Riza Patria. ©2015 Merdeka.com
POLITIK | 27 Desember 2017 18:01 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan, koalisi partainya dengan PKS dan PAN di sejumlah Pilkada bisa menjadi upaya konsolidasi jelang Pemilu Serentak 2019 mendatang. Sehingga, bukan tidak mungkin 3 partai akan kembali bersatu di Pemilu 2019.

"Karena juga bersamaan dengan Pileg itu penting bagi semua partai untuk memantapkan konsolidasi partai," katanya saat dihubungi, Rabu (27/12).

Dia tidak membantah koalisi Gerindra, PKS dan PAN ingin mengulang sukses di Pilkada DKI Jakarta 2017. Saat itu, Gerindra, PKS serta PAN mengusung Anies Baswedan-Sandiaga Uno dan akhirnya menang atas Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

"Ya memang kan belajar dari pengalaman-pengalaman Pilkada yang ada Gerindra, PKS dan PAN memiliki kesamaan dalam visi ke depan," terangnya.

Wakil Ketua Komisi II ini mengklaim tiga partai ini memiliki banyak kesamaan dan saling melengkapi satu sama lain. Gerindra sebagai partai nasionalis berpadu dengan PAN dan PKS sebagai partai agamis.

Meski kombinasi 3 partai sudah teruji di Pilgub DKI Jakarta, kata Riza, Gerindra tidak menutup pintu untuk bekerja sama dengan partai lain di berbagai daerah. Menurutnya, setiap daerah punya karakteristik dan kondisi yang berbeda-beda.

"Karena Pilkada ini sangar cair sangat bergantung situasi daerahnya, bergantung peta politiknya, bergantung pada jumlah kursi setiap daerah bergantung pada pasangan calon. Jadi tidak bisa dipastikan juga semua pilkada harus dengan ini (PAN dan PKS)," tutupnya.

Untuk diketahui, ketiga partai sepakat akan berkoalisi pada Pilgub tahun depan yang berlangsung di lima provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Kalimantan Timur dan Maluku Utara. (mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami