Gerindra Usulkan Pemerintah Ubah Skema Bantuan Jadi Uang Tunai

Gerindra Usulkan Pemerintah Ubah Skema Bantuan Jadi Uang Tunai
POLITIK | 18 Mei 2020 17:22 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah dalam membantu masyarakat menghadapi pandemi Covid-19, mengucurkan bantuan sosial. Ada yang berbentuk sembako, dana juga uang tunai atau Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Terkait hal ini, Gerindra mengusulkan ke pemerintah agar mengubah skema bantuan kepada masyarakat terkait dampak virus Corona atau Covid-19. Adapun usulan tersebut adalah untuk memberikan bantuan seluruhnya berbentuk BLT atau uang tunai.

"Fraksi Gerinda mengusulkan sembako digantikan dengan uang tunai," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani dalam keterangannya, Senin (18/5).

Dia mengungkapkan, dengan mengubah skema itu, tentu memiliki banyak pengaruh di masyarakat. Bantuan tersebut pun diyakininya akan dibelanjakan untuk kepentingan makanan atau pun kebutuhan lainnya.

"Jika mereka bisa menghemat jumlah uang tunai yang diterima tentu saja kebutuhan kebutuhan yang lain sebagian bisa tertutup. Yang kedua uang tunai itu bisa langsung diterima secara langsung oleh nama keluarga yang bersangkutan," ungkapnya.

1 dari 1 halaman

Muzani menegaskan, dengan bantuan uang tunai, juga bisa berpengaruh pada perekonomian. Karena masyarakat memiliki daya beli.

"Uang tersebut pasti akan dibelanjakan di mana dia bertempat tinggal, sehingga roda perputaran ekonomi bisa meningkatkan, daya beli juga bisa meningkat," jelasnya.

Karenanya, dia menekankan, agar pemerintah mempertimbangkan usulan skema bantuan diubah menjadi bantuan tunai.

"Saya percaya pemerintah bisa melakukan itu, termasuk perbaikan data penerima bantuan uang tunai. Semoga pemerintah bisa mengelaborasi pandangan ini," pungkas Muzani.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
Mendes PDTT Sebut Kecil Kemungkinan Terjadinya Tumpang Tindih Data Penerima BLT
Stafsus Sri Mulyani Akui Penyaluran Bansos Belum Cepat dan Tepat Sasaran
Airin Usulkan Tambahan Kuota Bansos untuk Warga Terdampak Corona ke Kemenkes
Pemerintah Perpanjang Listrik Gratis Sampai September, Bansos Hingga Desember
60 Paket Bansos Sembako di Cakung Dikembalikan
Jokowi Minta Seluruh Bansos Corona Harus Tersalurkan Sebelum Lebaran

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menjawab Keluhan, Menyiasati Keadaan - MERDEKA BICARA with Ganjar Pranowo

5