Gibran Buat Survei Internal, Klaim Elektabilitasnya Naik Karena Blusukan

Gibran Buat Survei Internal, Klaim Elektabilitasnya Naik Karena Blusukan
POLITIK | 6 Januari 2020 10:58 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka gencar blusukan demi mendapatkan tiket maju ke Pilkada Solo dari PDIP. Dia mengklaim hasil blusukan itu membuat elektabilitasnya naik dibanding survei sebelumnya.

Dilihat dari survei Median mulai 3-9 Desember 2019 lalu, popularitas Gibran ternyata kalah di bawah petahana Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo. Popularitas Achmad Purnomo 94,5 persen dan Gibran 82,3 persen. Sisanya semua di bawah 50 persen.

"Ada progres lah, kita lihat progres ada peningkatan. Tapi kalau namanya survei internal, ya untuk internal saja, tidak untuk dipublish. Ini untuk melihat progres saya dari bulan ke bulan seperti apa. Apakah naik, apakah stagnan? Ini ada peningkatan yang cukup naik," ujar Gibran, di Solo, Senin (6/1).

1 dari 1 halaman

Dengan adanya peningkatan tersebut, menurutnya, usahanya selama satu bulan terakhir ini membuahkan hasil. Meski enggan menyebutkan angka, namun suami Selvi Ananda itu mengklaim presentasenya di atas survei Median beberapa waktu lalu.

"Ya ada lah, ya di atas Median kemarin. Di atas itu jauh," tandasnya.

Dia menyebut hasil survei internal itu menjadi pelecut untuk lebih banyak blusukan menyerap aspirasi warga Solo. "PR (pekerjaan rumah)-nya masih banyak. Masih 9 bulan lagi, progresnya harus naik terus," katanya.

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun menyebut elektabilitas Gibran juga masih kalah dari Purnomo yang mendapatkan dukungan sebesar 45 persen. Sedangkan Gibran hanya mendapatkan 24,5 persen. Warga Solo memilih Gibran dengan alasan muda, putra Jokowi dan pengusaha kreatif. Sedangkan Purnomo dipilih karena berpengalaman, merakyat, dan belum ada calon lain yang sepadan. (mdk/ray)

Baca juga:
Gibran: Saya Bisa Menang Bisa Kalah
Gibran Belum Berencana Temui Prabowo Seperti Bobby
Politik Dinasti Rawan Manipulasi Demokrasi
Gibran Bikin Resah Petahana
Gelar Kompetisi Esports Berhadiah Mobil, Gibran Tolak Dikaitkan Pilkada Solo

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami