Golkar Minta Jokowi Prioritaskan Kader Partai Isi Kabinet

POLITIK | 26 Juli 2019 21:00 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus mengharapkan Presiden Joko Widodo memprioritaskan calon menteri dari partai politik ketimbang elemen lainnya.

"Tentunya tidak bisa dihindari. Seperti Golkar, kalau kami ada, tapi kalau yang dikatakan profesional kami juga ada," katanya di Resto Seribu Rasa, Jakarta Pusat, Jumat (26/7).

Golkar siap menyediakan tokoh sesuai dengan kebutuhan Jokowi. Mengingat Jokowi dalam pembubaran Tim Kampanye Nasional sudah meminta partai dan elemen pendukungnya menyetor nama.

"Jadi tinggal bagaimana kita melihatnya kan. Kembali lagi kebutuhan Pak Jokowi pada pokoknya beliau prioritaskan," jelasnya.

Lodewijk mengingatkan, Jokowi terlihat mengutamakan pengembangan sumber daya manusia dalam periode kedua.

"Yang kita tahu ke depan beliau akan mengutamakan pengembangan SDM, tetapi yang beliau lakukan selama ini infrastruktur investasi, itu tetap dilanjutkan," tutupnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan belum membahas soal menteri yang akan duduk di kabinetnya bersama koalisi Indonesia kerja. Namun, Jokowi menegaskan, sudah meminta daftar menteri kepada para partai pendukung.

"Sudah diminta tapi banyak yang belum ngasih," kata Jokowi usai menghadiri acara pembubaran TKN Jokowi-Ma'ruf di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta, Jumat (26/7).

Jokowi menjelaskan, meskipun belum membahas menteri, tapi dia telah memiliki sejumlah kriteria untuk para tokoh yang duduk di kabinetnya.

"Kita sudah sampaikan bulak balik, eksekutor, kuat managemen, artinya manajerial, memiliki keberanian, soal intergritas dan lain-lain," tegas Jokowi. (mdk/fik)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.