Golkar Yakin KIB Menang Pilpres 2024 Jika Muncul Empat Poros Koalisi

Golkar Yakin KIB Menang Pilpres 2024 Jika Muncul Empat Poros Koalisi
Silatnas KIB. Bachtiaruddin
NEWS | 24 Juni 2022 18:17 Reporter : Alma Fikhasari

Merdeka.com - Ketua DPD Golkar Jawa Timur, Sarmuji meyakini Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bisa memenangkan Pilpres 2024 jika muncul empat poros koalisi. Sejauh ini, sudah ada tiga poros parpol terbentuk dalam proses awal komunikasi politik antar petinggi partai.

Pertama, Golkar, PAN dan PPP telah sepakat membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Kedua, Gerindra dan PKB juga menyatakan telah bersepakat untuk bekerjasama dalam Pemilu 2024.

Poros ketiga, NasDem, PKS, Demokrat juga tengah gencar melakukan komunikasi. Sementara, PDIP yang belum melakukan penjajakan ke parpol lain.

"Kalau urusan menang kami punya keyakinan. Kesempatan menang juga besar apalagi kalau calonnya empat," ujar Sarmuji kepada wartawan, Jumat (24/6).

Golkar juga optimistis Airlangga Hartarto diusung menjadi Capres 2024. Sarmuji menyampaikan pembicaraan terkait capres dari KIB merupakan kewenangan tiga ketua umum partai yakni Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum PPP Suharso Monoarfa dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

"Ketua umum di KIB membicarakan bertiga saja, Pak Airlangga, Pak Suharso, Pak Zulhas, membicarakan siapa di antara mereka yang dicalonkan jadi presiden," kata dia.

"Peluang Pak Airlangga diusung KIB menjadi presiden itu jadi sangat terbuka," sambung Sarmuji.

2 dari 2 halaman

Terkait elektabilitas Airlangga yang masih rendah, Sarmuji menilai karena belum melakukan persiapan menuju 2024. Dia yakin jika sudah mulai masa kampanye, maka elektabilitas Airlangga bisa berada di puncak.

"Kenapa sekarang kelihatan surveinya rendah, ya karena memang belum prepare," ungkapnya.

Menurutnya, baik PPP maupun PAN juga senada dengan Golkar untuk urusan elektabilitas. Sarmuji juga mengaku pihaknya tak ingin terburu-buru melakukan mendeklarasikan capres-cawapres dalam waktu dekat.

"Kalau nanti deklarasi dan terutama memang pak Airlangga maju sebagai capres, suara pileg yang 12 persen itu otomatis sebagian besar akan terkonversi menjadi suara Airlangga," kata Sarmuji. (mdk/ray)

Baca juga:
Tiga Poros Capres Mulai Terlihat, KIB Dinilai Paling Kompak dan Siap Jalan
Demokrat: Sulit Dipahami Sesama Partai Nasionalis, PDIP Menolak Kerja Sama
PDIP Tolak Berkoalisi, Ini Respons PKS
Puan Ditugaskan Megawati Jajaki Kerja Sama PDIP dengan Parpol Lain
Puan Tanya Mega: Sudah Ada yang Tahu Isi Hati Ibu Soal Capres?

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini