Hanura: PAN lihat Rizal Ramli punya peluang

Hanura: PAN lihat Rizal Ramli punya peluang
Ilustrasi Pilgub DKI. ©2016 Merdeka.com
POLITIK | 13 September 2016 18:31 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Partai Hanura melihat langkah diambil Partai Amanat Nasional (PAN) mengusung nama Mantan Menko Kemaritiman, Rizal Ramli, di Pilgub DKI 2017 sebagai hal wajar. Sebagai partai pendukung Basuki T Purnama alias Ahok, mereka mengingatkan PAN tentang syarat KPU untuk mengusung nama sebagai calon gubernur.

"Setiap partai mendukung bebas siapa saja. Kalau melihat Rizal Ramli mempunyai peluang tidak ada masalah. Kita demokrasi siapa saja berhak maju sesuai peraturan perundang-undangan. Seperti di DKI harus 22 kursi, kalau memenuhi silakan," kata Waketum Hanura Nurdin Tampubolon saat dihubungi, Selasa (13/9).

Menurut Nurdin, sejauh ini baru pihaknya bersama Partai NasDem dan Golkar dipastikan mendukung Ahok. Sementara, partai di luar itu masih mengusulkan nama dan belum final. Hanura pun masih terbuka bagi partai-partai lain yang hendak bergabung ke barisan Ahok.

"Mereka nanti mungkin akan mengerucut pada nama. Ke Ahok baru tiga partai," terangnya.

Seperti diketahui, DPW DKI Jakarta Partai Amanat Nasional (PAN) telah menyatakan dukungan terhadap Mantan Menko Maritim Rizal Ramli untuk maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPW DKI Jakarta PAN Eko Hendro Purnomo di Kantor Ekomando di Jalan Cipinang Indah Raya No 1, Jakarta Timur.

Namun, pria yang akrab disapa Eko Patrio itu membantah bila dukungan terhadap Rizal Ramli sebagai bentuk perpecahan di antara koalisi kekeluargaan. Menurut dia, semua masih cair di koalisi kekeluargaan.

"Ini masih cair. Masih punya tanggal 23 (September). Lihat saja, PKB yang baru kemarin dukung Sandiaga, tapi tiba-tiba begini (ancam tarik dukungan)," kata Eko selepas acara konferensi pers dukungan PAN kepada Rizal Ramli sebagai cagub DKI Jakarta, Selasa kemarin.

Dukungan terhadap Rizal Ramli, kata dia, sebagai bentuk cara PAN untuk mencari calon yang akan diusung koalisi kekeluargaan. Dia juga masih perlu mengomunikasikan nama Rizal Ramli yang dalam rapat besar bersama koalisi kekeluargaan.

"Intinya, kita membawa oleh-oleh ke koalisi kekeluargaan. Kami akan share. Jadi, Saya tekankan, kami masih firm dengan koalisi," tandas Eko.

Baca juga:

PAN ajukan Rizal Ramli maju Pilgub DKI ke koalisi kekeluargaan

Dukung Rizal Ramli, PAN punya empat jagoan di Pilgub DKI

Rizal Ramli sindir Ahok: Rakyat makin susah, jangan dimarahi terus

Jagokan Rizal Ramli, PAN disindir Golkar cuma punya dua kursi di DKI

Partai Amanat Nasional)', 'Click', 'Eko Patrio sebut PAN tak pernah bergabung di poros bentukan Yusril')" href="http://www.merdeka.com/politik/eko-patrio-sebut-pan-tak-pernah-bergabung-di-poros-bentukan-yusril.html" >Eko Patrio sebut PAN tak pernah bergabung di poros bentukan Yusril (mdk/ang)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami