Hasto: Manuver PSI Banyak Rugikan PDIP meski Sama-Sama Pendukung Jokowi

Hasto: Manuver PSI Banyak Rugikan PDIP meski Sama-Sama Pendukung Jokowi
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 7 Oktober 2022 05:31 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, meski sesama partai politik pendukung Presiden Joko Widodo, PSI justru banyak melakukan manuver yang merugikan PDIP.

Pernyataan itu keluar menanggapi langkah PSI mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Hasto mengkritik langkah PSI hanya upaya untuk mendapatkan efek elektoral ekor jas.

"Karena apapun antara PSI dan PDIP di dalam sikap politik, di dalam Pemilu 2014, meskipun sama-sama mendukung Pak Jokowi tapi di dalam praktek juga banyak melakukan manuver yang merugikan PDIP," ujar Hasto di Jakarta, Kamis (6/10).

Hasto mengatakan, dalam menentukan calon presiden dan calon wakil presiden, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri melakukan perhitungan matang. "Bukan untuk dansa elektoral tapi dari hasil perenungan yang mendalam. Itu yang membedakan PDIP dengan partai lain," katanya.

Dalam menghormati kedaulatan partai, PDIP tidak bisa menegur PSI yang mendeklarasikan Ganjar.

2 dari 2 halaman

Hasto Ingatkan PSI Tak Merendahkan Martabat Megawati

Namun, Hasto mengingatkan PSI jangan merendahkan martabat calon pemimpin hanya untuk mengambil keuntungan elektoral bagi partainya sendiri.

"Karena itulah jangan rendahkan martabat para calon-calon pemimpin itu hanya sekedar efek elektoral efek ekor jas," kata Hasto.

Sebelumnya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. Menurut mereka, sejak awal elektabilitas Ganjar lebih unggul dari pada calon lainnya.

Wakil Ketua Dewan PSI, Grace Natalie mengaku, nama Ganjar diperoleh dari hasil rembuk rakyat yang diadakan PSI sejak akhir Februari lalu. Rembuk rakyat adalah mekanisme PSI menjaring nama-nama calon presiden untuk melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

"Dari hasil rembuk rakyat itu kami mengumumkan bahwa Partai Solidaritas Indonesia akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PSI di tahun 2024. Sejak awal Pak Ganjar atau akrab kami panggil Mas Ganjar unggul dibanding kandidat lainnya," katanya secara daring, Senin (3/10). (mdk/ded)

Baca juga:
PSI Deklarasi Capres Ganjar Pranowo, Ini Responsnya
Jelang Mukernas, PPP Banten Usulkan Ganjar Pranowo Capres 2024
Analisis Politik di Balik PSI Usung Ganjar Sebagai Capres 2024
Merayu Uni Eropa Investasi di Jawa Tengah
PKB soal PSI Deklarasi Ganjar Jadi Capres: Itu Proses Demokrasi
Hasil Mukerwil PPP Sulsel: Ganjar Pranowo Capres 2024
DPW PPP NTT Usulkan Ganjar Pranowo jadi Capres 2024

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini