Hasto sebut Megawati menangis Azwar Anas diserang kampanye hitam

POLITIK » BANYUWANGI | 6 Januari 2018 16:10 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto tak kuasa menahan tangis di hadapan wartawan saat menyampaikan penyerahan mandat Abdullah Azwar Anas sebagai cawagub Jawa Timur kepada DPP PDIP. Anas mengundurkan diri dari pencalonan setelah foto vulgar yang diduga dirinya beredar beberapa hari terakhir.

Tak hanya Hasto yang menangis, namun Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga menangis atas persoalan yang menimpa Anas.

"Kami semua menangis, para kyai menangis, Ibu Megawati menangis. Kami tidak menyangka ada orang yang membenarkan cara-cara seperti ini," kata Hasto di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar 27A, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (6/1).

Hasto mengatakan pihaknya telah mengenal Azwar Anas sejak lama. Menurutnya Anas adalah sosok yang baik dan taat beribadah.

"Sembahyangnya teratur, berdisiplin, rendah hati, sosok yang ramah," ujarnya.

Kendati telah menerima penyerahan mandat Anas, PDIP belum memikirkan siapa yang akan menggantikan Anas sebagai pendamping cagub Jatim, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. "Lebih baik memikirkan bahwa mari mereka yang menggunakan cara-cara yang keji ini, menggunakan cara-cara yang tidak benar seharusnya tidak memiliki tempat yang mengedepankan politik yang berkeadaban," tegasnya.

Masalah yang menimpa Anas harus menjadi energi bersama agar kekuatan yang menghalalkan segala cara bisa disingkirkan dengan kekuatan rakyat. Terkait siapa yang dicurigai PDIP menyebarkan foto tersebut, Hasto enggan mengomentari termasuk langkah hukum yang akan ditempuh maupun opsi pengganti Anas sebagai cawagub.

"Mohon maaf hanya itu yang bisa sampaikan," ujarnya. "Kami juga belum bicara opsi pengganti," tutupnya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Gus Ipul sebut Anas sering diancam dan diteror
PDIP beri ruang Azwar Anas konsentrasi di Banyuwangi
Spekulasi di balik keputusan Azwar Anas kembalikan mandat ke PDIP
Usai Anas kembalikan mandat, Gus Ipul akan gelar konsolidasi
PDIP belum tentu setujui pengunduran diri Anas di Pilgub Jatim

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.