Ini Rangkaian Acara Pelantikan Anggota DPR

Ini Rangkaian Acara Pelantikan Anggota DPR
Gedung DPR. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman
NEWS | 1 Oktober 2019 06:41 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 akan dilantik pagi ini, Selasa (1/10). Acara itu akan digelar di Gedung Kura-kura, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Sekjen DPR Indra Iskandar mengatakan, pelantikan akan dilaksanakan pukul 10.00-11.40 WIB. "Di rundown acara jam 10.00, tetapi kami minta anggota (DPR) datang lebih pagi jam 07.00," kata Indra saat dikonfirmasi.

Susunan acara akan dimulai dengan pengumuman pimpinan sementara DPR/DPD/MPR RI oleh Sekjen DPR pada pukul 09.30. Selanjutnya, Presiden bersama Wapres dan Ketua KPU memasuki ruang sidang paripurna pada 09.58. Tepat pada pukul 10.00, sidang paripurna akan dimulai dengan pengucapan sumpah atau janji anggota DPR.

Setelah rangkaian acara selesai pada pukul 11.40 WIB. Kemudian akan dilakukan rapat Badan Musyawarah atau Bamus yang diikuti oleh seluruh fraksi. Rapat itu guna menentukan jajaran pimpinan.

"Bamus dari semua fraksi-fraksi. Bamusnya akan setelah jam 2 akan kami pertemukan, pimpinan termuda dan tertua akan pimpin rapat Bamus. Kami perkirakan sudah akan ketemu formatnya, DPR itu tidak sulit ya, semua sudah diatur jelas di dalam UU-nya," ungkapnya.

Setelah itu, acara dilanjut dengan pelantikan pimpinan DPR. Pelantikan pimpinan DPR bisa dilakukan pada malam hari setelah rapat Bamus atau Rabu 2 Oktober 2019,

Reporter: Delvira Hurabarat

Sumber: Liputan6.com (mdk/eko)

Baca juga:
VIDEO: Anggota DPR Terpilih yang Akan Dilantik Diminta Datang Lebih Pagi
Pesan KPK ke Anggota DPR Terpilih, Hindari Hal-Hal Ini
DPR Siapkan Ruangan dan Rumah Dinas untuk 15 Orang Anggota Baru
Jelang Pelantikan Anggota DPR MPR, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas
Tim Ervin Luthfi Minta Pelantikan Mulan Jameela jadi Anggota DPR Ditangguhkan
Ini Nominal Dana Pensiun untuk Eks Anggota DPR

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami