Istana Pastikan Jokowi Tak Arahkan Prabowo Gerilya ke Koalisi Pemerintah

POLITIK | 15 Oktober 2019 15:50 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto melakukan safari politik ke sejumlah petinggi partai koalisi Presiden Joko Widodo. Ini dilakukan Prabowo usai bertemu Jokowi di Istana Merdeka Jakarta pada Jumat (11/10).

Tenaga Ahli Kantor Staf Kepresidenan, Ali Mochtar Ngabalin, mengatakan safari politik yang dilakukan Prabowo bukan arahan Jokowi.

"Ya kalau itu musti dapat penjelasan langsung dari Prabowo. Saya kira tidak (diarahkan Jokowi) lah," ujar Ngabalin saat dihubungi merdeka.com, Selasa (15/10).

Menurut Ngabalin, hal yang wajar bila mantan Danjen Kopassus itu bersilaturahmi dengan petinggi partai koalisi Jokowi. Terlebih, para ketum parpol tersebut merupakan teman Prabowo.

"Ketum-ketum partai yang beliau datangi kan teman-teman Prabowo," ucapnya.

Sebagai informasi, Prabowo menemui pimpinan partai pengusung Jokowi belakangan ini. Mereka adalah Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Prabowo bertemu Surya di Permata Hijau, Minggu (13/10). Surya dan Prabowo melakukan pertemuan dan jamuan makan kurang lebih dua jam.

Pertemuan keduanya menghasilkan kesepakatan. Antara lain kedua pimpinan partai sepakat memperbaiki citra partai demi kepentingan nasional di atas kepentingan lain. Kedua, sepakat untuk melakukan mencegah dan melawan tindakan radikalisme atau paham yang merongrong Pancasila.

Sedangkan pertemuan Prabowo dengan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dilakukan di kantor DPP PKB pada Senin (14/10). Usai pertemuan, Cak Imin memberikan restu agar Gerindra diterima sebagai anggota koalisi pendukung Jokowi.

"Yang namanya kerja sama demi rakyat di mana saja siap di mana saja," kata Cak Imin.

Baca juga:
Ketum PAN Sebut Demokrasi Lebih Aman Jika Gerindra Gabung Pemerintah
PKB Nilai Safari Prabowo ke Partai Koalisi Jokowi Momentum Rekonsiliasi
Prabowo Sudah Bertemu PKS Sebelum Sowan ke Jokowi dan Ketum Parpol Koalisi
Ini Kata Ketua MPR Terkait Gerindra dan NasDem Setuju Amandemen UUD 1945
Giliran Airlangga Hartarto bakal Ditemui Prabowo Subianto Sore Ini

(mdk/ray)