Jatuh Hati, PKB Mantap Dukung Gibran di Pilwalkot Solo 2020

POLITIK | 9 Desember 2019 09:15 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendukung pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon Wali Kota Solo dalam Pilkada 2020. Ketua Desk Pilkada DPP PKB, Faisol Riza mengatakan Gibran layak memimpin Solo karena mendapat dukungan dari masyarakat.

"PKB sebagai partai politik tentu berkewajiban mendukung penuh keinginan mayoritas masyarakat. Dalam pandangan kami sejak awal, Gibran layak memimpin Solo," kata Faisol dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/12).

Menurutnya, ada beberapa alasan PKB 'jatuh hati' kepada putra sulung Presiden Jokowi itu. Pertama, karena muda sehingga memiliki tenaga untuk blusukan sampai ke desa-desa mendengar aspirasi rakyatnya.

"Gibran bisa mendengar langsung apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Bukan asal terima masukkan dari bawahan," ujarnya.

Alasan kedua, pengalaman kepemimpinan Gibran. Gibran dikenal sebagai seorang pengusaha muda. Faisol berpandangan, usaha Gibran di industri kuliner tidak akan berkembang pesat jika tidak dikelola dengan baik.

"Jadi kalau ada yang meragukan kemampuan Gibran memimpin sesungguhnya belum mengenal siapa Gibran. Tak mungkin usahanya berkembang pesat kalau ia tidak memiliki kemampuan memimpin dan memanage," tegas Faizol.

Kemudian, kata Faisol, alasan ketiga adalah sikap Gibran yang tidak ingin memanfaatkan jabatan sang ayah untuk kepentingan bisnisnya.

"Dengan usaha sendiri perusahaannya dibangun. Yang artinya kecil kemungkinan Gibran menggunakan kekuasaan untuk melakukan tindakan yang melanggar hukum," ungkap Faisol.

Ketua Komisi VI DPR RI itu mengajak seluruh partai politik untuk memberi ruang dan dukungan kepada Gibran untuk mengabdi serta menyumbangkan seluruh kemampuan bagi Solo.

"PKB sudah memantapkan hati mendukung Gibran di Pilkada Solo mendatang," tandasnya.

1 dari 1 halaman

Gibran Sowan ke Elite PDIP

Sebelumnya, Gibran tiba-tiba menyatakan ingin terjun ke dunia politik. Ia tertarik untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Solo tahun 2020 mendatang.

Untuk memuluskan langkahnya maju sebagai calon Wali Kota Solo, Gibran resmi menjadi kader PDIP setelah mendapatkan Kartu Tanda Anggota (KTA). Gibran juga menemui sejumlah tokoh PDIP dari DPC FX Hadi Rudyatmo, Ketua DPD Jawa Tengah Bambang Puryono hingga Ketua DPP Megawati Soekarnoputri.

Gibran akan mendaftarkan diri melalui Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDIP) Jawa Tengah. Namun suami Selvi Ananda tersebut belum bisa memastikan kapan akan menyambangi Kantor DPD PDIP di Semarang.

"Saya akan daftar di Semarang, ini masih menunggu informasi dari DPD PDIP Jateng," ujar Gibran. (mdk/ray)

Baca juga:
Gibran Mau Maju Pilkada Solo, Gerindra Nilai Bukan Bentuk Nepotisme Jokowi
Gibran Beli Es Teh di PKL, Mantan Menteri Susi Ikut Komentar
Spanduk Purnomo-Teguh dan Gibran Dipasang Berdampingan di Sejumlah Lokasi
Pendaftaran Pilkada di PDIP Jateng Dibuka, Gibran Malah Jajan Es Teh di Angkringan
Saat Anak Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin Nyalon Kepala Daerah

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.