Jokowi Ajak Masyarakat Bali Tak Golput di Pilpres 2019

POLITIK | 22 Maret 2019 21:16 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat Bali untuk tidak Golput pada pelaksanaan Pilpres dan Pileg tanggal 17 April 2019 mendatang. Karena keputusan dalam satu hari itu menentukan arah negara Indonesia ke depan.

"Saya titip, 26 hari lagi sudah Pilpres dan Pileg. Saya ingin bapak dan ibu sekalian kita semuanya mengajak (untuk) berbondong-bondong, saudara kita, handatalauni kita, dan teman sekampung kita untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya," katanya di Kota Denpasar, Jumat (22/3) malam.

Selain itu, Jokowi menjelaskan, mendekati Pilpres dan Pileg banyak kabar bohong dan fitnah yang bertebaran. Dan kabar bohong itu, dia menjelaskan, dapat menyebabkan perpecahan.

"Sekarang ini, sudah mulai banyak di media sosial, mulai banyak dari rumah ke rumah. Apa itu? Kabar fitnah, kabar bohong, hoaks. Mulai bertebaran isu-isu yang bisa memecah kita," jelasnya.

"Jangan takut harus diluruskan, harus di lawan dan harus diberitahu. Harus berani mengatakan yang benar itu benar yang salah itu salah. Karena isunya sudah kemana-mana," sambung mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi mengungkapkan, saat ini ada isu pemerintah yang baru akan menghapus pendidikan agama dan melegalkan perkawinan sejenis. Kabar tersebut sebenarnya akan mendiskreditkan pasangan Capres dan Cawapres yang ada.

"Ada isu kriminalisasi ulama. Hal-hal seperti ini harus dihentikan. Bangsa ini adalah bangsa yang penuh etika, bangsa ini adalah bangsa yang penuh tata krama, sopan santun, kita semua mempunyai budi pekerti yang baik," ujarnya.

Dia mengingatkan, jangan sampai pemilihan kepada daerah yang awalnya baik malah berujung pada perpecahan antar saudara.

"Jangan sampai antar saudara kita, pilihan Bupati, pilihan Wali Kota, Pileg atau Pilpres, kita tidak saling sapa antar tetangga, antar kampung, antar saudara. Kita lupa, bahwa kita bangsa besar dari Sabang sampai Merauke adalah saudara sebangsa dan setanah air," tutup Jokowi. (mdk/fik)

Baca juga:
Bawaslu Sebut Mobil Dinas TNI Bawa Logistik di Acara Prabowo Milik Purnawirawan
NasDem Optimis Masuk Tiga Besar di Pileg, Jokowi-Ma'ruf Menang Pilpres
BPN Minta KPU Bersikap soal Penolakan Metro TV Siarkan Langsung Debat Pilpres
Kubu Jokowi Yakin Hasil Survei Tak Pengaruhi Pilpres 2019
ASN Boleh Hadir di Kampanye Capres-Cawapres Asal Tak Pakai Atribut
TKN Jokowi Serahkan Aduan BPN Soal Metro TV ke KPU dan KPI

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.