Jokowi Bocorkan Petunjuk Susunan Kabinet Menteri Periode 2019-2024

POLITIK | 15 Agustus 2019 06:15 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah membocorkan sedikit petunjuk terkait calon menteri yang akan membantu pemerintahannya di periode kedua. Hal itu disampaikan dalam pemimpin redaksi media massa di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8) kemarin.

Terkait nama calon menteri, kata Jokowi, semua ketua umum partai politik pengusungnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sudah diberitahu. Namun, Jokowi tidak merinci apakah pengumuman tersebut akan dilaksanakan sebelum atau sesudah pelantikan.

"Partai sudah diberitahu nama-nama anggota kabinet," kata Jokowi.

Dalam periode keduanya, Jokowi memberikan kalangan profesional ruang lebih ketimbang partai politik di kabinet 2019-2024.

"Kabinet sudah final. Komposisi 45 parpol, 55 profesional," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan akan merekrut beberapa calon menteri dari kalangan muda. Bahkan, lanjut dia, akan ada menteri barunya berusia di bawah 30 tahun.

"Yang jelas di bawah 30 tahun ada, di bawah 35 tahun juga ada. Yang muda dan setengah muda dan ada yang setengah tua," ungkap Jokowi.

Menteri-menteri yang akan menjabat di pemerintahan kelak, lanjut Jokowi, adalah mereka yang bisa mengeksekusi ide dan gagasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi lembaganya.

"Kabinet ini menggambarkan rencana kami untuk bekerja lebih cepat," ujar Jokowi.

Disinggung kapan rencana pengumuman susunan kabinet, Jokowi masih mengunci rapat hal tersebut.

"Tunggu sajalah," kata Jokowi.

Jokowi meminta keputusannya soal komposisi kabinet tak diributkan. Terkait parpol pengusungnya yang meminta banyak kursi menteri, mantan Gubernur DKI Jakarta itu kembali menyinggung kewenangannya.

"Ya saya sampaikan tadi, menteri itu adalah hak prerogatif presiden," jelasnya.

(mdk/ded)

TOPIK TERKAIT