Jokowi Mania Sebut Ganjar-Sandi Duet Maut di Pilpres 2024

Jokowi Mania Sebut Ganjar-Sandi Duet Maut di Pilpres 2024
Ganjar Pranowo. ©2019 Instagram dan Youtube
POLITIK | 14 Juni 2021 17:44 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Ketua Umum Relawan Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer menanggapi positif munculnya duet Ganjar-Sandi untuk Pilpres 2024. Dua orang ini punya modal yang cukup kuat menjadi pemimpin Indonesia.

Menurut dia, baik Ganjar maupun Sandi memiliki kelompok pemilih masing-masing. Dengan demikian, akan menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan jika keduanya berduet.

"Pendukung Ganjar kekuatan milenial berbasis nasionalis. Sebaliknya Mas Sandi anak-anak milenial berbasis religius. Mas Ganjar emak-emak berbasis nasionalis juga. Sandi emak-emak berbasis religius. Ketika dua kekuatan ini nyatu, ini kan jadi duet maut," ujar dia, saat dihubungi, Senin (14/6)

Namun demikian, dia menegaskan bahwa JoMan belum menentukan pilihan. Sebab keputusan terkait capres yang bakal didukung pada Pilpres 2024, relawan menunggu arahan Jokowi.

"Tapi sekali lagi, JoMan belum mengambil pilihan buat 2024. Pilihan kita tetap tegak lurus ke Jokowi. Kalau Jokowi dukung Mas Ganjar, kita dukung. Kalau Jokowi dukung Mbak Puan, kita dukung, Kalau Pak Jokowi dukung RK, kita dukung," tegas dia.

Dia menjelaskan, tren calon presiden memang berubah dengan masuknya Jokowi. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, lanjut dia, memulai tren calon presiden dari jajaran kepala daerah, tepatnya Gubernur.

"Dulu sebelum ada Jokowi trennya Menteri yang selalu ingin jadi presiden. Sekarang trennya Gubernur. Semua tren ada di Gubernur. Lahir RK, lahir Mas Ganjar, Lahir Anies," urai dia.

Dia menanggapi positif munculnya sosok-sosok baru dari kalangan muda dalam bursa Capres. Sebab Indonesia membutuhkan energi dan semangat besar untuk melesat.

"Justru kita senang sekali anak-anak muda yang punya energi untuk menakhodai bangsa ini ke depan. Jangan sampai nanti kereta mogok. Kita pusing. bangsa ini akan stagnan. Kita tidak mau bangsa ini yang drivernya kereta mogok. Lokomotif besar ini jangan sampai nyungsep lah," tandasnya.

Pada survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menunjukkan suara pemilih Presiden Joko Widodo bakal banyak beralih ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dalam simulasi top of mind elektabilitas calon presiden, nama Jokowi masih muncul di paling atas.

Namun, jika nama Jokowi menghilang terjadi persebaran. Paling banyak ke Ganjar sebesar 18,4 persen. Kemudian ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 15,2 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 13,1 persen, serta Menhan Prabowo Subianto 9,2 persen.

"Sementara itu, suara Jokowi di top of mind, bila ketujuh nama itu sama sama dikenal pemilih, berpindah paling banyak ke Ganjar, kemudian Anies dan Ridwan Kamil. Prabowo hanya di urutan kelima," jelas Direktur Eksekutif SMRC Sirojuddin Abbas dalam rilis survei secara virtual, Kamis (1/4).

SMRC juga menemukan bahwa responden yang puas terhadap kinerja Jokowi cenderung memilih Ganjar. Dari data survei ini, pemilih Ganjar menilai kinerja pemerintah dibandingkan tahun lalu lebih baik.

"Ganjar unggul pada pada pemilih yang menilai kinerja pemerintah semakin baik," kata Abbas. (mdk/ray)

Baca juga:
Koalisi PDIP-Gerindra: Pilih Prabowo-Puan atau Ganjar-Sandi?
Pengamat: Ganjar-Sandi Mampu 'Beli' Kendaraan Politik Demi Maju 2024
LIPI: Parpol Krisis Kader, Ganjar Berpeluang Maju Capres Bukan dari PDIP
Politikus PDIP: Prabowo Tokoh Paling Mudah Dapatkan Tiket Capres 2024
Ganjar - Sandiaga di Lintasan 2024

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami