Jokowi Minta Parpol Ajukan Profesional Muda jadi Calon Menteri

POLITIK | 12 Juli 2019 15:18 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden terpilih Joko Widodo menyatakan keseriusannya menjadikan anak-anak muda Indonesia sebagai menteri di kabinetnya. Dia ingin kabinet periode 2019-2024 nanti tak hanya diisi oleh kalangan partai politik, namun juga dari profesional muda.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku telah meminta Ketum parpol pengusungnya untuk mengajukan sejumlah nama untuk dijadikan menteri. Jokowi pun berharap nama-nama yang disodorkan, juga terdiri dari kalangan muda professional.

"Saya minta dari partai juga ada yang muda, ada dari profesional juga," kata Jokowi di JCC Jakarta Pusat, Jumat (12/7).

Jokowi menyebut akan mencari sendiri generasi muda berbakat untuk dijadikan menteri, apabila nantinya tak ada nama kalangan muda yang diajukan oleh para ketum parpol. Dia meyakini banyak generasi muda yang berpotensi untuk menduduki kursi menteri di kabinet selanjutnya.

"Kalau enggak ada dari partai kita cari sendiri dari profesional. Profesional muda kan banyak banget profesional-profesional muda," jelasnya.

Mantan wali kota Solo itu menuturkan komposisi kabinetnya tak jauh berbeda dengan saat ini. Yang jelas, lanjut Jokowi, kabinet diisi imbang oleh kalangan parpol dan profesional.

"Ya kira kira 60:40 atau 50:50 kira-kira itu," tuturnya.

Jokowi juga mengatakan akan ada beberapa menteri saat ini yang akan kembali menjabat di periode kedua kepemimpinannya. Jokowi berjanji akan mengumumkan nama menteri periode 2019-2024 secepatnya

"Secepatnya (diumumkan)," ucap Jokowi.

Reporter: Lizga Egeham

Sumber: Liputan6.com

(mdk/did)

TOPIK TERKAIT