Jokowi Tunjuk Kakak Cak Imin Jadi Mendes, Ida Menaker & Agus Suparmanto Mendag

POLITIK | 22 Oktober 2019 21:30 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Tiga Kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo ke Istana Negara hari ini. Mereka yang dipanggil merupakan kandidat calon menteri dari PKB. PKB kabarnya telah mendapatkan 3 jatah menteri dari Jokowi.

Ketiga kader PKB itu adalah Wakil Ketua Umum Ida Fauziyah, Agus Suparmanto dan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur yang juga kakak Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Abdul Halim Iskandar.

Dalam pertemuan dengan Jokowi, ketiganya diminta kesediaan sekaligus berdiskusi mengenai tugas dan peran di Kabinet Kerja Jilid II. Penunjukkan pun dilakukan.

Jokowi mempercayakan posisi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi kepada Ida Fauziyah. Kakak Cak Imin Abdul Halim Iskandar diberi posisi Menteri Desa. Terakhir, Agus Suparmanto ditunjuk Jokowi mengisi posisi Menteri Perdagangan.

"Iya benar (soal posisi menteri 3 Kader PKB)," kata Ketua DPP PKB Daniel Johan kepada merdeka.com, Selasa (22/10).

Ida sendiri mengakui pertemuannya dengan Jokowi banyak membahas soal lapangan pekerjaan dan implementasi kartu kerja. Calon wakil gubernur pendamping Sudirman di Pilgub Jawa Tengah itu telah diminta Jokowi hadir besok untuk dilantik menjadi menteri.

"Ngobrol tentang penciptaan lapangan kerja, implementasi kartu kerja," kata Ida.

Keterangan dari Agus pun memberikan sinyal bakal diplot sebagai Mendag. Usai bertemu Jokowi, Ketua Umum PB Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) ini mengaku ditugaskan untuk menangani sektor perdagangan.

Dia juga diminta untuk menjalankan program Presiden dalam memajukan komoditas dalam negeri sehingga ekspor makin baik. Namun, Agus tak mau mendahului keputusan Jokowi mengumumkan posisi yang bakal dia jabat.

"Arahan Presiden, nanti ditugaskan di bidang ekonomi. Mungkin besok saja, pengumumannya. Jadi, discuss berkaitan dengan komoditas dalam negeri, perdagangan luar negeri, dan internasional," ungkap dia.

Pelantikan menteri Kabinet Kerja Jilid II pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin digelar Rabu (23/10) besok. Pelantikan dihelat di Istana Negara Jakarta pagi hari.

"Pelantikan jam 10.00 WIB," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono saat dihubungi, Selasa (22/10).

Sebelum dilantik, Jokowi terlebih dahulu mengumumkan nama-nama menteri yang akan membantunya lima tahun ke depan.

"Besok perkenalan (pengumuman nama menteri) jam 8," ucapnya.

Baca juga:
VIDEO: Warna-Warni Audisi Calon Menteri Jokowi Hari Kedua
Kembali Masuk Kabinet, Moeldoko Sebut Tugasnya Tidak Berubah
Senyum Dokter Terawan Seusai Bertemu Jokowi di Istana
Semringah Luhut Panjaitan Saat Penuhi Panggilan Jokowi di Istana
Jokowi Tunjuk Dokter Terawan jadi Menkes

(mdk/ray)