Jokowi Ungguli Prabowo Dalam Percakapan Media Sosial Saat Debat Capres

POLITIK | 18 Januari 2019 17:06 Reporter : Randy Ferdi Firdaus

Merdeka.com - Survei media sosial PoliticaWave mengatakan, Pasangan Calon Presiden dan calon Wakil Presiden RI Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam hal percakapan di media sosial.

Pernyataan PoliticaWave ini berdasarkan pengamatan yang dilakukan selama proses debat perdana capres dan cawapres, Kamis (17/1) malam.

"Secara keseluruhan, Pasangan Calon Nomor Urut 01 mendominasi percakapan netizen dengan jumlah percakapan sebesar 55 persen berbanding 45 persen," kata Yose Rizal selaku Founder of PoliticaWave dikutip dari Antara, Jumat (18/1).

Dalam percakapan tersebut, Yose Rizal juga menganalisis sentimen komentar netizen di media sosial terkait kedua paslon tersebut.

Yose menyebut pasangan Jokowi-Ma'ruf meraup presentase sentimen positif sebesar 82 persen dan sentimen negatif sebesar 18 persen. Pasangan Calon Nomor Urut 02 Prabowo-Sandi meraih 76 persen sentimen positif dan 24 persen sentimen negatif.

Yose mengatakan, bahwa pada saat segmen dua yang sedang membahas tema hukum dan HAM, Jokowi-Ma'ruf meraih sentimen positif sebesar 88 persen.

"Jokowi-Ma'ruf meraih percakapan positif terbesar di segmen dua dikarenakan pernyataan Jokowi terhadap Prabowo untuk tidak menuduh atau menyebarkan berita hoaks," tambah Yose Rizal.

Debat kedua capres dan cawapres akan berlangsung pada tanggal 17 Februari 2019. Masing-masing pasangan calon akan kembali memaparkan visi dan misi serta gagasannya untuk tema energi dan pangan, sumber daya alam (SDA), lingkungan hidup, dan infrastruktur.

Baca juga:
Komnas HAM Nilai Jokowi dan Prabowo Tak Milik Strategi Penuntasan Kasus HAM
Kasus Novel dan Pelanggaran HAM Tak Muncul dalam Debat Kesepakatan Jokowi dan Prabowo
Tanya Soal Mantan Koruptor Nyaleg, Jokowi Dinilai Kurang Bahan
Fahri Hamzah: Tanya Soal Gerindra di Debat, Jokowi Bisa Bikin PDIP 'Lewat'
Debat Pilpres Perdana Belum Meyakinkan Milenial Menentukan Pilihan
Anggota KPU Setuju Bocoran Soal Tak Lagi Diberikan di Debat Capres Kedua
Deddy Mizwar: Prabowo Salah Kalau Bilang Pendapatan Gubernur Sedikit

(mdk/rnd)