Jokowi Ungkap Ada 16 Menteri dari Partai Politik

POLITIK | 20 Oktober 2019 19:48 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo mengatakan susunan kabinet pemerintahan periode 2019-2024 telah rampung. Menurutnya, ada sekitar 16 menteri yang berasal dari kalangan partai politik.

"Ya kurang lebih (menteri dari partai politik 16 orang). Saya belum ngitung. Kurang lebih," ucap Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Minggu (20/10).

Kendati begitu, dia tak merinci pos kementerian mana yang bakal diisi oleh partai politik. Jokowi juga enggan menjawab apakah partai nonkoalisi juga mendapat jatah menteri di kabinetnya.

"Besok dilihat," kata Jokowi.

Jokowi menyatakan, akan mengumumkan kabinetnya pada Senin, 21 Oktober 2019. Setelah itu, dia membuka kemungkinan akan langsung melantik para menteri kabinet jilid II.

"Ya dikenalkan dulu. Ya Kemudian dilantik. Ya kalau sudah dikenalkan ya pasti dilantik," kata Jokowi.

Jokowi-Ma'ruf Amin dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR Jakarta. Jokowi berangkat dari Istana Merdeka ke Gedung MPR ditemani Ibu Negara Iriana.

Tampak pula ketiga anaknya, Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep. Selain itu, sang menantu Bobby Nasution dan sang cucu Sedah Mirah.

Reporter: Lizsa Egeham (Liputan6.com)

Baca juga:
Gerindra soal Kabinet: Itu Hak Prerogatif Presiden, Kita Tahu Diri
Dikabarkan Jadi Menteri Pariwisata, Begini Tanggapan Triawan Munaf
Sudah Ketemu Jokowi, Said Aqil Bantah Bahas Soal Menteri
Diumumkan Besok, Pimpinan Parpol Rahasiakan Nama Calon Menteri Jokowi
Besok Pagi Umumkan Kabinet, Jokowi Kenalkan Wajah dan Nomenklatur Baru

(mdk/did)