Kartu Prakerja Dinilai Bisa Jadi Solusi Atasi Dampak Pandemi

Kartu Prakerja Dinilai Bisa Jadi Solusi Atasi Dampak Pandemi
POLITIK | 22 Mei 2020 17:14 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Anggota Komisi VI DPR RI, Mukhtarudin menilai, Program Kartu Prakerja merupakan salah satu solusi terbaik dari pemerintah untuk mengatasi dampak pandemi Corona. Sebab Kartu Prakerja tidak hanya membantu penerima, tetapi juga memberdayakan mereka.

"Melalui Kartu Prakerja, peserta akan mendapat bantuan dari pemerintah berupa uang atau insentif, sekaligus keterampilan dari pelatihan yang diikuti," katanya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/5).

Dia mengungkapkan, uang atau instentif dari program tersebut dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan selama pandemi atau belum mendapat pekerjaan. Ini yang menjadi alasan mengapa peluncuran program Kartu Prakerja saat pandemi Covid-19 menjadikannya sebagai semi bantuan sosial untuk membantu masyarakat.

Selain itu, Ketua Bidang Kebencanaan Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar itu menjelaskan, pelatihan memberi penerima bekal keterampilan sebagai nilai tambah untuk mencari kerja. Sehingga nantinya peserta program ini akan meningkatkan kompetensi dan produktivitas kerja.

"Diharapkan keterampilan itu membuka kesempatan mereka untuk mendapat pekerjaan dan bersaing sesuai kebutuhan standar dunia kerja, baik saat pandemi berakhir atau di masa depan," tutupnya.

Oleh karena itu, Kartu Prakerja menjadi program yang berorientasi pada kepentingan rakyat agar mereka bisa memenuhi kebutuhannya, sehingga benar-benar terasa manfaatnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Pemerintah Klaim 75 Persen Peserta Kartu Prakerja Cocok dengan Jenis Pelatihan
KPK Sedang Dalami Program Kartu Prakerja
PPP Khawatir Pelatihan Online Prakerja Jadi Kasus Hukum Usai Jokowi Pensiun
Alasan Jumlah Peserta Kartu Prakerja Gelombang III yang Lolos Tak Penuhi Target
Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang IV Dibuka Setelah Lebaran

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami