Kemendagri resmi serahkan data kependudukan ke KPU untuk pilkada

POLITIK | 3 Juni 2015 18:12 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) resmi menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dan data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Data tersebut akan digunakan KPU sebagai dasar menyusun daftar pemilih di pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember nanti.

Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Yuswandi A. Temenggung mengatakan dua data ini sangat dibutuhkan bagi KPU untuk menggelar pilkada. Menurut dia, DP4 dan DAK2 sudah diverifikasi oleh Kemendagri.

"Sudah diverifikasi dan validasi oleh Kemendagri," kata Yuswandi saat memberikan sambutan pada penyerahan DP4 di gedung C Kemendagri, Jakpus, Rabu (3/6).

DP4 yang diserahkan kemudian akan disingkronkan oleh KPU, dari KPU diteruskan sampai kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Dalam sambutannya, Yuswandi berharap semua penduduk yang memiliki hak pilih agar menggunakan haknya dalam pilkada nanti dan kepada penyelenggara akan melaksanakan dengan Langsung, Umum, Bebas, Rahasia (LUBER).

"Berharap forum ini akan meciptakan kepala daerah yang berkuialitas, kapabilitas yang tinggi untuk daerah daerah," tutup Yuswandi.

(mdk/rnd)