Keponakan Prabowo Tarik Gugatan ke Gerindra

POLITIK | 16 Juli 2019 19:14 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Politikus Partai Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo mengaku tidak ikut menggugat partai. Bahkan kini dia mengaku sudah mencabut gugatan itu.

Nama ponakan Prabowo Subianto itu muncul dalam gugatan terhadap Dewan Pembina Partai Gerindra dan Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra di PN Jakarta Selatan. Gugatan tersebut meminta Gerindra menetapkan para penggugat sebagai calon legislatif terpilih di Dapil masing-masing.

Sara mengaku baru mengetahui ada gugatan tersebut saat muncul publik. Dia langsung menarik gugatan tersebut. "Saya tidak menggugat dan baru tau ada gugatan ini setelah keluar isunya. Sudah ditarik," ujarnya kepada wartawan, Selasa (16/7).

Sara hanya mengajukan gugatan terkait Pemilu ke Mahkamah Konstitusi. Dia mengajukan gugatan sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) legislatif.

"Gugatan saya ke MK saja," ucapnya.

Sedangkan, anggota badan komunikasi Partai Gerindra, Andre Rosiade menuturkan Prabowo sudah mengetahui terkait gugatan kadernya. Gerindra menghormati para kader menggugat partai sendiri. Partai menganggap gugatan tersebut sebagai cara kader memperjuangkan keadilan. Gugatan tersebut juga hanya mewakili pribadi kader.

"Partai menunggu hasil keputusan saja," kata Andre ketika dihubungi.

Sebanyak 14 calon anggota legislatif dari Partai Gerindra melayangkan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pihak Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan membenarkan adanya gugatan tersebut.

Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Achmad Guntur menjelaskan, pihak tergugat I adalah Dewan Pembina Partai Gerindra dan tergugat II adalah Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra. KPU menjadi pihak turut tergugat.

Beberapa penggugat adalah istri Ahmad Dhani, R. Wulansari alias Mulan Jameela dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo yang merupakan keponakan Prabowo Subianto.

Perkara ini terdaftar di PN Jaksel dengan nomor perkara 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN JKT.SEL. Diajukan pada Rabu 26 Juni 2019 lalu.

Dalam gugatannya, mereka meminta Partai Gerindra menetapkan 14 orang tersebut sebagai anggota Legislatif.

"Mereka menggugat agar ditetapkan jadi anggota legislatif dari Partai Gerindra ya," kata dia saat dikonfirmasi, Selasa (16/7).

Baca juga:
Keponakan Prabowo Mengaku Tak Pernah Berikan Kuasa untuk Gugat Gerindra di PN Jaksel
Mulan Jameela dan Belasan Caleg Ajukan Gugatan, Ini Kata Gerindra
Diundur, Prabowo Subianto Kumpulkan Petinggi Gerindra Lusa
Keponakan Prabowo Tarik Gugatan ke Gerindra
Minta Ditetapkan Jadi Caleg Terpilih, Ponakan Prabowo & Mulan Jameela Gugat Gerindra
PKS Yakin Gerindra Tetap Jadi Oposisi
Gerindra Kritik Rencana Kebijakan Penggunaan Bahan Bakar B30

(mdk/noe)