Kesehatan Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta dipleno malam ini

POLITIK | 23 Mei 2014 14:22 Reporter : Muhammad Sholeh

Merdeka.com - Kandidat masing-masing capres dan cawapres menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) sebagai syarat utama tahapan Pilpres 2014. Pasangan Jokowi - JK lebih dulu menjalani tes kesehatan Kamis (22/5) kemarin, sedangkan pasangan Prabowo - Hatta masih menjalani tes kesehatan hari ini, Jumat (23/5).

Tim medis pemeriksa kesehatan capres-cawapres 2014 malam nanti bakal menggelar sidang pleno. Kemudian, hasil pleno kesehatan tersebut bakal diserahkan ke KPU sebagai pihak penyelenggara Pemilu Presiden 2014.

"Kalau jadwalnya (pleno) iya. Apakah besok sudah siap atau tidak tergantung nanti malam," kata Ketua KPU , Husni Kamil Manik kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Jumat (23/5).

Menurut Husni, tes kesehatan capres dan cawapres merupakan persyaratan utama. Salah satu tes kesehatan ini adalah terpenuhinya kesehatan jasmani dan rohani masing-masing kandidat.

Bila kandidat capres-cawapres dinyatakan sehat jasmani dan rohani, maka bakal dinyatakan memenuhi syarat.

"Keterangan itu berdasarkan hasil pemeriksaan. Tidak boleh ada perbedaan antara hasil pemeriksaan dengan apa yang diumumkan oleh KPU ," jelasnya.

Husni berjanji pihaknya bakal mengumumkan hasil tes kesehatan dengan segera. Namun, semua itu tergantung dari sidang pleno dari tim medis.

"Apakah besok sudah siap atau tidak, tergantung nanti malam," tutupnya.

(mdk/lia)