Ketua BURT Minta Setjen DPR Batalkan Rapid Test Corona Untuk Anggota Dewan

Ketua BURT Minta Setjen DPR Batalkan Rapid Test Corona Untuk Anggota Dewan
POLITIK | 26 Maret 2020 07:06 Reporter : Randy Ferdi Firdaus

Merdeka.com - Rencana seluruh anggota DPR dan keluarganya melakukan rapid test untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19 menuai kontroversi. DPR dianggap tidak etis mendahului para tenaga medis pasien corona yang belum melakukan tes karena alat terbatas.

Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR, Agung Budi Santoso setuju, DPR harus mendahulukan rakyat dan para tenaga medis, tenaga bantu lainnya yang siang malam ada di lapangan.

Dia meminta kepada Sekjen DPR RI untuk meninjau kembali sekaligus membatalkan Kebijakan terhadap Tes Covid-19 Anggota DPR dan Keluarganya.

"Pada dasarnya kami mengapresiasi kebijakan dan keberpihakan itu namun yang paling urgent adalah tenaga medis dan rakyat lebih membutuhkan," jelas Agung kepada wartawan, Kamis (26/3).

1 dari 1 halaman

Agung yang juga Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI sangat prihatin di tengah kondisi seperti sekarang ini. Karena seharusnya, DPR memang lebih memprioritaskan kepada mereka yang tengah berjuang di garda terdepan melawan virus Corona.

"Setiap anggota DPR harus mengutamakan rakyat, harus hadir bersama rakyat, dan memprioritaskan kebutuhan tenaga medis dan mereka yang terpapar langsung dalam menangani virus Corona," tegas Agung.

Kecuali, lanjut dia, ada indikasi Anggota Dewan & Keluarga yang sepertinya ada symptom virus corona, bisa berkonsultasi pada dokter dan merujuk rumah sakit secara mandiri sebagaimana masyarakat umumnya.

"Sementara anggota yang ingin test Covid 19 bisa mengikuti prosedur biasa dengan biaya sendiri," tutup dia. (mdk/rnd)

Baca juga:
DPR akan Gelar Paripurna Buka Masa Sidang di Tengah Pandemi Virus Corona
CEK FAKTA: Hoaks Cuitan KPK Soal Anggota DPR Dites Corona Hasilnya Korupsi
DPR Segera Revisi UU Penanggulangan Bencana
NasDem Usulkan 50 Persen Gaji DPR Dipotong untuk Penanganan Covid-19
PKS Minta Tenaga Medis Diutamakan untuk Rapid Test Dibanding Anggota DPR dan Keluarga

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami