Ketua DPD Jatim Dukung Airlangga Pimpin Golkar

POLITIK | 18 Juni 2019 22:22 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Timur, Zainudin Amali mengaku mendukung Airlangga Hartarto kembali menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Namun, kata dia, dukungan itu masih harus bergantung lagi pada pengurus DPD Golkar Jawa Timur.

"Tetapi kalau saya ditanya sebagai ketua DPD tingkat Jawa Timur yang DPD-nya paling besar ada 38. Saya kira kita beri kesempatan pada Pak Airlangga supaya lebih fair," kata Amali di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/6).

Amali mengungkapkan alasannya mendukung Menteri Perindustrian itu maju sebagai Ketua Umum partai berlambang pohon beringin tersebut. Salah satunya karena Airlangga dianggap sukses menambah perolehan kursi Golkar di legislatif meski dalam masa sulit.

"Beliau datang di saat partai sedang bermasalah tetapi masih bisa menahan itu. Itu kan bukan pekerjaan yang mudah. Dalam kondisi Golkar yang tidak tergantung lagi kepada figur atau ketokohan seseorang," ungkapnya.

Tambahnya, selain Jawa Timur, ada pula DPD lain yang mendeklarasikan diri mendukung Airlangga. Di antaranya DPD Jawa Barat dan DPD Jambi.

"Saya kira sih hampir semua, baik yang menyatakan ada yang sudah menyatakan yang sudah datang ke Pak Airlangga bahkan kemarin Jawa Barat seluruh mendeklarasikan. Ada Jambi datang dan beberapa DPD-DPD provinsi terutama yang datang langsung berkomunikasi dengan Pak Airlangga," ucapnya.

Sebelumnya isu pergantian ketua umum menyeruak ketika ada dorongan dari tokoh Golkar Aziz Sumual yang menginginkan adanya percepatan Musyawarah Nasional (Munas) dipercepat. Nama-nama kuat yang dicanangkan akan maju di bursa calon ketua umum lagi diantaranya adalah Airlangga dan Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Baca juga:
Bamsoet Mulai Pikirkan Kursi Ketum Golkar Usai Putusan MK
Bambang Soesatyo Akui Dapat Dukungan Maju Ketum Golkar
DPD Golkar Jatim Tegaskan Dukung Kepemimpinan Airlangga
Didukung Jadi Ketum Golkar, Bamsoet Mengaku Butuh Waktu untuk Memutuskan
Bamsoet Dukung Airlangga Maju Kembali Jadi Ketum Golkar

(mdk/eko)