Ketua DPD sebut demokrasi Indonesia masih cacat, kalah sama Tim Tim

Ketua DPD sebut demokrasi Indonesia masih cacat, kalah sama Tim Tim
Irman Gusman datangi KPK. ©2014 merdeka.com/dwi narwoko
POLITIK | 21 Juni 2015 20:02 Reporter : Dede Rosyadi

Merdeka.com - Ketua DPD Irman Gusman menilai demokrasi di Indonesia semenjak reformasi 16 tahun lalu belum berjalan dengan baik. Bahkan menurut dia, demokrasi Indonesia masih kalah dengan negara tetangga Timor Leste.

"Perkembangan Demokrasi di Indonesia mengalami lika-liku yang dinamis selama era reformasi. Menurut index demokrasi kita belum melaksanakan demokrasi dengan baik," kata Irman pada acara diskusi Forum Senator untuk rakyat 'lika liku Pilkada 2015' di Jakarta Pusat Minggu, (21/6).

Irman membandingkan demokrasi di Indonesia dengan luar negeri masih sangat jauh tertinggal. Dia menilai, demokrasi Indonesia masih cacat.

"Kita mengatakan demokrasi kita terbesar ketiga di Asia. Secara kualitas demokrasi kita masih dianggap belum melaksanakan dengan baik, masih cacat, demokrasi kita di bawah Thailand bahkan di bawah Tim Tim (Timor Timur atau Timor Leste)," terang Irman.

"Demokrasi kita belum tercapai. Apa sih tujuan kita bernegara, demokrasi bukan hanya alat saja tapi tujuan dari politik ekonomi dan lain-lain," imbuhnya.

Dalam menyambut pesta demokrasi di Pilkada serentak Desember nanti, Irman mengajak seluruh stake holder terlibat untuk menyukseskannya. Hal ini demi terciptanya demokrasi yang lebih baik dan kemajuan bangsa.

"Kita melihat Pemilukada dalam konteks politik mencapai kemajuan, karena pemilu sekarang melalui pemilu secara langsung, itu kita dorong," imbuhnya. (mdk/rnd)

Baca juga:

4 Kepala daerah ini mundur demi siasati anak/istri ikut pilkada

Agung Laksono bakal gandeng Ical demi hadapi Pilkada?

Saat istri ikut Pilkada, tiba-tiba wali Kota Pekalongan minta mundur

Dampak kerugian Pemilu 2014 berujung ditundanya pilkada serentak?

Kegeraman Tjahjo Kumolo lihat kepala daerah mundur jelang pilkada

Nurdin Halid: Kubu Agung & Ical bakal bentuk timses pilkada bersama

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami