Ketua KPU Anggap Surat Suara Tercoblos di Malaysia Hal Biasa Saja

Ketua KPU Anggap Surat Suara Tercoblos di Malaysia Hal Biasa Saja
POLITIK | 11 April 2019 23:27 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua KPU Arief Budiman meminta publik bersabar dan tidak berspekulasi macam-macam tentang isu surat suara sudah tercoblos untuk pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf dan sejumlah caleg di Malaysia. KPU bekerjasama dengan Bawaslu telah mengirim tim untuk menyelidiki kasus tersebut.

Arief memohon agar tidak mengambil kesimpulan sendiri sehingga tidak terjadi polemik terkait isu tersebut. Dia pun melihat isu itu biasa saja.

"Jangan dilihat ini sesuatu yang berlebihan, biasa saja, kami kalau ada kejadian seperti ini juga langsung cepat dan kami minta mereka melakukan pemberitahuan, tapi karena ini menyangkut beberapa hal yang bisa sangat sensitif karena berada di negara lain, maka kami melakukan pengecekan dengan sangat hati-hati," kata Arief saat jumpa pers di kantor Bawaslu, Jakarta, Kamis (11/4).

Sementara itu, Komisioner Bawaslu, Afifuddin memastikan peristiwa dalam video yang beredar tersebut benar adanya. Panwaslu di tempat kejadian telah melaporkan peristiwa tersebut.

Bawaslu akan menyelidiki surat suara yang dikabarkan telah dicoblos tersebut disimpannya di mana. Apakah surat suara tersebut memang surat suara yang benar-benar dicetak oleh KPU. Ini yang tengah dipastikan oleh tim dalam klarifikasi pemeriksaan investigasi kejadian itu.

"Jadi jajaran kami memang ada di sana, di sana tinggal bagaimana kita memastikan semua yang dimaksud dengan kejadian tadi siang itu seperti apa, surat suaranya di mana, punya KPU dan lain-lain karena kita tidak mau juga berspekulasi, hanya saja kejadian yang dimaksud tadi benar kita enggak hindari," tambah Afif. (mdk/rnd)

Baca juga:
Prabowo Bandingkan Biaya Politik di Eropa dan Indonesia
Yakin Jokowi Menang, Direktur Cyrus Network Pertaruhkan Karirnya di Dunia Survei
KPU dan Bawaslu Kirim Tim ke Malaysia Usut Surat Suara Tercoblos 01
Surat Suara Tercoblos di Malaysia, KPU Didesak Hentikan Proses Pemungutan Suara
KPU Akan Selidiki Keaslian Surat Suara Tercoblos di Malaysia
Luhut Minta Bawaslu Tindak Info Surat Suara Tercoblos 01 di Malaysia
Sandiaga Kampanye di Cianjur, Aher Targetkan Prabowo Menang 70 Persen

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami