Ketua KPU: Proses pemilu 2014 perlu dievaluasi

Ketua KPU: Proses pemilu 2014 perlu dievaluasi
Husni Kamil Manik . ©2014 Merdeka.com/Jatmiko
NEWS | 4 November 2014 04:01 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Malik mengatakan penyelenggaraan Pemilu 2014 perlu dilakukan evaluasi. Evaluasi yang dimaksud bukanlah hasilnya, namun rangkaian prosesnya.

Adanya pemutakhiran data pemilih, surat suara yang tertukar, juga menjadi bagian penting dari evaluasi itu.

"Evaluasi itu tidak hanya mencatat koreksi atau hal-hal yang negatif tetapi juga menuliskan hal atau hasil yang positif," ujar Husni kepada wartawan usai mengikuti Rapat Kerja Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2014 di Sahid Jaya Hotel Solo, Senin (3/11).

Menurut Husni, penilaian keberhasilan pemilu tak bisa hanya dilakukan dari satu sudut pandang. Bagi sebagian besar masyarakat khususnya penyelenggara, kata Husni, mereka pasti menilai pemilu telah sukses. Sebaliknya, tentu ada kelompok masyarakat lain yang menganggap pemilu kurang berhasil.

"Kalau kita tanyakan ke caleg yang kalah, partai yang tidak mendapat kursi atau capres yang kalah, mereka akan menjawab pemilunya tidak berhasil," katanya.

Dia menilai, KPU atau penyelenggara Pemilu harus menjelaskan tahapan pesta rakyat 5 tahunan itu. Apa yang dilakukan penyelenggara pemilu baik dari mulai persiapan sampai pelaksanaan pileg maupun pilpres, menurut Husni harus dijelaskan.

"Dalam Rapat Evaluasi Pemilu 2014 diharapkan akan diperoleh catatan-catatan selama penyelenggaraan Pemilu. Catatan tersebut mencakup dari luar penyelenggara, pengurus Parpol, caleg, tim sukses, pemilih, media dan masyarakat umum," ucapnya.

Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo menambahkan rapat evaluasi tersebut sebagai sarana refleksi bagi seluruh stakeholder penyelenggara Pemilu. Tak hanya pemilu legislatif namun juga pemilu presiden.

(mdk/dan)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami