Ketua KPU RI Pantau PSU Yalimo: Jika Ada Potensi Pelanggaran Etik Silakan Laporkan

Ketua KPU RI Pantau PSU Yalimo: Jika Ada Potensi Pelanggaran Etik Silakan Laporkan
Ketua KPU Pantau PSU di Yalimo. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 26 Januari 2022 17:06 Reporter : Lia Harahap

Merdeka.com - Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua, digelar hari ini. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ilham Saputra, memantau langsung proses PSU tersebut.

Dikutip dari Antara, Rabu (26/1), Ilham Saputra tiba di Yalimo, pagi tadi menumpangi pesawat kecil. Dia langsung mengunjungi sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) untuk memantau proses pencoblosan.

"Saya datang untuk melihat dan memastikan ini berjalan secara baik. Sampai saat ini KPU Yalimo sudah menjalankan PSU sesuai proses dan ketentuan berkat dukungan Dandim, Kapolres bersama jajaran dan pemerintah daerah," katanya di Yalimo.

Dia mengatakan, bila ada calon yang kurang puas terkait proses PSU karena adanya dugaan potensi kecurangan maka bisa dilaporkan sesuai prosedur.

"Jika ada potensi pelanggaran etik silakan bisa laporkan. Saya berharap kepada semua pihak agar menghormati proses ini agar bisa kita menjalankan proses agar pilkada berjalan lancar dan baik," katanya.

Pemantauan Ilham, situasi PSU berjalan aman dan kondusif. PSU Yalimo ini diikuti dua pasangan calon yaitu Nahor Nekwek bersama John Wilil melawan pasangan Lakius Peyon dan Nahum Mabel.

"Tadi juga laporan dari Kapolres Yalimo, Dandim juga demikian jadi saya kira ini harus diterima oleh seluruh pihak yang terlibat pemilu ini baik Bawaslu, calon, kita harap berjalan lancar prosesnya dan ini sudah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan," katanya. (mdk/lia)

Baca juga:
Pembakaran di Yalimo Disebabkan Penolakan Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang
Cuma Ada Satu Paslon, KPU Yalimo Perpanjang Pendaftaran Calon Bupati
Bupati Terpilih Yalimo Laporkan Kejaksaan ke Bareskrim
Gelar PSU Tak Sesuai Putusan MK, Anggota KPU dan Bawaslu Yalimo Dilaporkan ke DKPP
TNI-Polri Gelar Pasukan Pengamanan PSU Tahap II di Yalimo
129 Hari Diblokade karena Kisruh Pilkada, Jalan di Yalimo Dibuka Kembali

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami