Ketua PDIP Solo: Saya Tetap Dukung Mbak Mega Ketum untuk Antisipasi 2024

POLITIK | 19 Juni 2019 15:47 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar Kongres V, 8-10 Agustus 2019 mendatang di Bali. Kongres yang sedianya digelar tahun 2020 itu disebut-sebut untuk mempersiapkan regenerasi di tubuh partai pemenang pemilu itu. Mengingat dalam beberapa kesempatan Megawati menyatakan ingin mengundurkan diri.

Ketua DPC PDIP Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo mengatakan, PDIP Solo tetap akan mendukung Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Menurut Wali Kota Solo itu, Megawati masih layak memimpin partai. Apalagi selama memimpin, putri presiden pertama RI itu memiliki prestasi yang luar biasa.

"Menurut saya mbak Mega masih layak menjadi pemersatu partai maupun pemersatu bangsa Indonesia, meskipun di organisasi partai," ujar Rudyatmo saat ditemui merdeka.com di kantornya, Rabu (19/6).

Menurut Rudy, sapaan akrab Rudyatmo, selama menjadi ketua partai Megawati mempunyai prestasi yang luar biasa. Bahkan selalu menjadi pemenang pemilu sejak tahun 1999, kecuali tahun 2004, dimana perolehan suara PDIP menurun.

"Tahun 2009 naik menjadi pemenang pemilu, 2014 dan 2019 juga menjadi pemenang pemilu. Menang 3 kali berturut-turut ini kan prestasi luar biasa. Jadi saya tetap dukung mbak Mega, untuk antisipasi 2024 (pemilu 2024)," katanya.

Pertimbangan lain, lantaran selama kepemimpinan Megawati, PDIP menjadi salah satu partai yang berideologi Pancasila. Untuk itu pihaknya tetap akan memilih Megawati Soekarnoputri menjadi ketua umum partai.

Terkait pelaksanaan kongres Rudy menyatakan, pihaknya akan mengirimkan utusan. Yakni ketua, sekretaris dan bendahara partai. Namun pengiriman utusan tersebut akan dilakukan setelah proses konfercab partai.

"Besok kan saya harus ganti. Nanti kan kita lakukan musyawarah, konfercab untuk menyusun 3 calon yang akan kita kirim ke DPP. Itulah yang nanti akan menjadi ketua DPC Kota Solo," pungkas Rudy.

Baca juga:
3 Jam Jokowi Ikuti Rakernas IV PDIP
Presiden Jokowi Hadiri Rakernas IV PDIP di Kantor DPP
Sekjen PDIP: Rakernas IV Tertutup, Banyak Bahas Masalah Internal
Persiapan Kongres V, PDIP Diskusi Bareng Pakar Bahas Isu Strategis Politik Hukum
Besok, Jokowi Kemungkinan Bakal Hadiri Rakernas PDIP di Kantor DPP
Pramono Anung: Megawati Hampir Pasti Ketum Dibantu Ketua Harian & Waketum
Trimedya Sebut Faksi Puan dan Prananda Tak Bisa Pengaruhi Kongres PDIP

(mdk/rnd)