Ketum Gelora Nilai Krisis Akibat Pandemi Covid-19 akan Berlangsung Lama

Ketum Gelora Nilai Krisis Akibat Pandemi Covid-19 akan Berlangsung Lama
POLITIK | 29 Oktober 2020 20:09 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Gelora, Anis Matta menyinggung krisis dunia dan Indonesia akibat pandemi Covid-19 saat ini. Menurutnya, krisis akan berlangsung lebih lama.

"Kita sekarang berada di tengah krisis berlarut dan sistemik, dan rasanya krisis ini akan berlangsung lebih lama. Sebabnya adalah karena tatanan dunia yang sekarang ini ada, yang dulu muncul setelah Perang Dunia II," kata Anis Matta, saat pidato di Milad ke -1 Partai Gelora sekaligus Rakornas, Kamis (29/10).

Menurut Anis, pandemi virus Corona menjadi pemicu pertarungan politik dunia. Krisis ini, kata dia, tidak bisa diprediksi kapan akan berakhir.

Dia menuturkan, dunia sedang mengalami penataan ulang. Setiap penataan ulang dalam sejarah dalam skala besar seperti ini selalu disertai dengan pertarungan geopolitik yang sangat seru.

"Karena itu kita tidak bisa meramalkan berapa lama situasi ini akan berlangsung dan saya percaya bahwa pandemi adalah trigger yang mempercepat seluruh konflik yang selama ini tersembunyi atau tidak terlihat oleh kebanyakan orang," ujar Anis.

"Atau seluruh masalah yang ada di dalam tatanan dunia saat ini baru muncul ketika ada trigger seperti ini, walau sebenarnya sudah ada jauh sebelum trigger ini muncul," sambungnya.

Anis mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memanfaatkan peluang meski ada krisis seperti semangat para pemuda di Hari Sumpah Pemuda 1928. Partai Gelora yang dikemudikannya memiliki tujuan Indonesia menjadi kekuatan ke-5 dunia.

"Di tengah krisis seperti ini, ilham yang kita peroleh dari Sumpah Pemuda adalah bahwa kita harus fokus pada peluang bukan pada krisis, dan semangat pada fokus peluang itulah kita sekali lagi memekikkan satu mimpi baru yang kita perjuangkan agar mimpi besar ini menjadi mimpi bersama kita. Mimpi bersama generasi Indonesia baru," katanya.

"Ilham juga yang membimbing langkah kita saat mendirikan Partai Gelora setahun yang lalu. Kita mulai mengurai krisis ini dengan mengerahkan seluruh energi kita pada peluang. Dan peluang itu ada ketika kita meletakkan Indonesia dalam konstelasi kepemimpinan dunia," imbuhnya.

Baca Selanjutnya: HUT Partai Gelora...

Halaman

(mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami