Ketum PAN: Secara matematis, poros ketiga mungkin

Ketum PAN: Secara matematis, poros ketiga mungkin
pemimpin Parpol bertemu di pengundian. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
POLITIK | 9 Maret 2018 11:16 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Partai Amanat Nasional (PAN) telah melakukan pertemuan dengan Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Kamis (8/3). Pertemuan itu membahas tentang poros ketiga di Pilpres 2019.

Menurut Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, peluang adanya poros ketiga sangat besar. Namun, kata dia, jika ada poros ketiga, akan sulit untuk mengalahkan popularitas Presiden Joko Widodo.

"Secara matematis, poros ketiga mungkin tapi kan saya katakan tidak mudah, Pak Jokowi popularitas tinggi. Tapi secara matematis mungkin walaupun tidak mudah karena syarat 20 persen. Waktu sekarang lima tahun singkat. Jadi kemungkinan besar bisa dua," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (9/3).

Pria yang akrab disapa Zulhas ini mengatakan hingga saat ini partainya belum juga menentukan arah pilihan apakah terkait adanya wacana poros ketiga ini. Zulhas mengaku masih perlu melakukan penjajakan dengan partai-partai lainnya.

"Menjajaki kan silaturahmi bisa saja. Kan bisa juga tanya tanya bagaimana sikap Demokrat PKB dan PAN. Kan namanya ngopi aja boleh," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Partai Demokrat, PAN, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) (8/3) menggelar pertemuan di salah satu mal di Jakarta. Pertemuan itu digelar untuk membahas wacana poros ketiga di Pilpres 2019.

"Kami tadi bertiga bertemu membahas perkembangan yang ada sambil ngobrol ringan aja sambil ngopi, termasuk membahas gagasan poros tengah itu. Poros ketiga," kata Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan, saat dihubungi, Kamis (8/3).

Terkait wacana tersebut, nantinya tiga partai ini membuka peluang yang luas poros baru selain poros Jokowi dan Prabowo. Menurutnya semakin banyak calon di Pilpres semakin bagus. (mdk/bal)

Baca juga:
Jokowi menguji kawan koalisi, siapa 'baper', cemburu dan 'kegeeran'
Antisipasi poros ketiga, Gerindra ajak PAN, PKB dan Demokrat dialog
Demokrat, PAN dan PKB bertemu bahas poros ketiga di Pilpres 2019
PKB sebut dari dinamika politik poros partai Islam di 2019 sangat relevan
Fokus di koalisi pemerintah, PKB belum tertarik wacana poros ketiga

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami