Kisah Jokowi di dua bandara antara JK dan Abraham Samad

Kisah Jokowi di dua bandara antara JK dan Abraham Samad
Jokowi bertemu JK. ©2014 Merdeka.com/Handout JK
NEWS | 10 Mei 2014 07:23 Reporter : Muhammad Hasits

Merdeka.com - Mengenakan baju warna putih lengan panjang, Sabtu (3/5) dua pekan lalu pagi-pagi Joko Widodo (Jokowi) sudah rapi. Dia hendak terbang ke Yogyakarta dalam rangka safari politik menemui sejumlah tokoh.

Ditemani sejumlah elite PKB dan PDIP, entah disengaja atau tidak Jokowi bertemu mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di ruang tunggu Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Keduanya langsung bersalaman dan tertawa lepas. Jokowi pakai baju putih, JK pun sama. Keduanya langsung berbicara santai. "Wah kita ketemu, kebetulan baju kita sama," kata JK.

"Saya enggak nyangka bisa ketemu JK di sini," ujar Jokowi.

JK berada di Halim rencananya ingin berangkat ke Semarang, Jawa Tengah. Dia akan menghadiri kegiatan Palang Merah Indonesia (PMI). Sedangkan Jokowi hendak melakukan safari politik ke Yogyakarta, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Beda tujuan.

Setelah menunggu hampir 15 menit, kemudian keduanya berpisah. Jokowi lantas terbang ke Yogyakarta. Satu jam lebih perjalanan ke Yogya, rombongan Jokowi akhirnya tiba di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta. Setelah melakukan kegiatan, Jokowi kembali ke bandara. Waktu saat itu menunjukkan pukul 12.10 WIB.

Saat tengah menunggu di ruang VIP bandara, Jokowi tak sengaja bertemu Ketua KPK Abraham Samad. Abraham mengaku pertemuan ini sangat tidak diduga-duga. Sebab dia baru saja menyelesaikan mengisi kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk mata kuliah hukum. Sedangkan Jokowi baru saja mengunjungi museum di kawasan Taman Siswa.

"Saya dari UGM kuliah pemberantasan korupsi. Tuhan yang mempertemukan kita," kata Abraham.

Jokowi juga menyangkal pertemuannya ini direncanakan. Dia juga mengaku tak sengaja bertemu Abraham. Layaknya teman lama, keduanya lalu salaman dan terlibat percakapan saat duduk berdampingan.

Sepekan berlalu, cerita di atas entah sudah skenariokan atau tidak yang pasti kedua tokoh itu tengah ditimang-timang Jokowi menjadi cawapres. Ya, JK dan Abraham Samad. Kedua nama itu tengah dipertimbangkan Jokowi menjadi pendampingnya. "JK dan Samad," ujar Jokowi sebelum terbang ke Makassar di Bandara Soekarno-Hatta Jumat (9/5) kemarin.

Dalam waktu dekat Jokowi akan memutuskan siapa yang akan dipilih. Rencananya, pengumuman cawapres Jokowi dilangsungkan di tempat forum terhormat. Di mana tempatnya, Jokowi masih merahasiakan.

Sumber merdeka.com menyebut, Jokowi sebenarnya sudah menjatuhkan pilihannya kepada Abraham Samad. Hanya saja Gubernur DKI Jakarta itu masih menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkannya.

(mdk/has)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami