Kisah Ma'ruf Amin Bantu Orang Itali Bikin Film Tentang Islam Nusantara

POLITIK | 25 Februari 2019 21:03 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin bercerita pernah menjadi penasihat pembuatan sebuah film oleh orang asal Itali. Tema film yang dibuat kala itu tak lain adalah tentang Islam dan pesantren.

Ma'ruf mengatakan, sutradara film itu meminta nasihat bagaimana membuat film tentang Islam nusantara.

"Dia muter-muter, datang ke Banten, dia lihat orang Badui tidur tenang, oh ini katanya islam nusantara itu. Islam yang toleran itu," katanya saat kunjungan di pondok pesantren Kempek Cirebon, Jawa Barat, Senin (25/2).

"Datang ke Jawa Tengah, dia lihat Borobudur di sekitarnya umat Islam aman. Enggak ada gangguan. Itu namanya islam rahmatan lil alamin," lanjut Ketua MUI itu.

Dia mengungkapkan, film itu juga mengambil latar belakang di Bromo. Di mana di Bromo mencerminkan umat Hindu hidup tentram bersandingan dengan Islam.

"Inilah Islam nusantara yang rahmatan lil alamin. Yang inilah Islam NU itu. Karena itu, saya akan buat film, tentang Islam nusantara, akan saya putar, di seluruh Eropa dan Amerika," ujarnya menirukan ucapan sang sutradara.

Nama Ma'ruf pun disematkan dalam pihak penasihat. Film dokumenter m itu telah diputar di festival film London, sampai di Vatikan.

"Tapi apa kata mereka. Ini katanya, kata mereka pemimpin yang masa depan dunia. Artinya Ini future leader in the world, kata mereka inilah pemimpin masa depan dunia. Karena santri itu dianggap pemimpin masa depan dunia," pungkas Ma'ruf. (mdk/fik)

Baca juga:
Ma'ruf: Ente Yang Tuduh Pak Jokowi Tidak Islami, Sudah Berbuat Apa?
Ngaku Berdarah Cirebon, Ma'ruf Bilang 'Kalau Warga Jabar Enggak Pilih 01 Kelewatan'
Safari Politik Ma'ruf Amin di Jabar Diawali dari Ponpes Babakan Cirebon
Cak Imin Yakin 3 'Kartu Sakti' Baru Jokowi Mampu Dulang Suara
52 Banner Jokowi-Ma'ruf di Situbondo Dirusak Orang Misterius
Cara Unik Politisi PDIP Rebut Suara Warga untuk Jokowi-Ma'ruf di Koja

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.